Pengembangan Media Pembelajaran Mandatory (Match and Learn History) Card Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Pembelajaran IPS

Authors

  • Ivenna Salsa Windika Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55906

Keywords:

Bernalar Kritis, Mandatory Card Game

Abstract

Perkembangan Century 21th Skills atau kemampuan abad 21 menuntut seseorang untuk mampu berpikir secara
kreatif dan kritis, hal ini bertujuan agar seseorang mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam
praktik kehidupan sehari-hari. Pendidikan memiliki peran penuh dalam membantu menumbuhkan kemampuan peserta
didik dalam bernalar kritis yang salah satunya dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran IPS dengan metode high order
thinking skills yakni melalui proses belajar kritis-analitis. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara
dalam menciptakan suasana belajar interaktif yang terbukti mampu mendukung kemampuan kognitif peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media Mandatory (Match and Learn History) Card Game
yang layak, praktis, dan efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPS di
kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Surabaya, dengan subjek penelitian
dosen ahli media, dosen ahli materi, guru selaku praktisi pendidikan, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30
Surabaya selaku pengguna media.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa media Mandatory Card Game memiliki tingkat kelayakan media sebesar
92% (sangat layak), kelayakan materi 91% (sangat layak), kepraktisan media sebesar 93% (sangat praktis), dan
dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada peserta didik kelas VIII dengan nilai sig
(2-tailed) equal variances not asummed 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan bernalar
kritis peserta didik yang diberi perlakuan media Mandatory dan peserta didik yang tidak diberi perlakuan. Serta
memperoleh skor n-gain 0,64 atau 64% dengan kriteria cukup efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, N., & Suryadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Linimasa Sejarah Card Game

Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1

Bumiayu. Indonesian Journal of History Education, 196-205.

Amalia, A., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam

Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal Volume 1 Issue

1, 33-44.

Arsyad, A. (2019). Kriteria Kelayakan Media Menurut Para Ahli. Information and Communication

Technology, 17-24.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa, 35-43.

Elvina, D., & Dewi, I. P. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android

Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, Vol.8,

No.3, 18-25.

Gafur, A., & Mustafida, F. (2019). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar

Yang Kondusif Di SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 37-44.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation

and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI; Jurnal Inovasi

Pendidikan Agama Islam, Volume 1, No. 1, 28-37.

Hilmi, M. Z. (2018). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah

Mandala Education, 164-172.

Milala, H. F., Endryansyah, & Joko. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran

Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 11 Nomor 02,

195-202.

Nusantari, E. (2018). Kajian Faktor yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil

Penelitian Eksperimen dan PTK). 17-34.

PLAYDAY.id. (2019). PLAYDAY.id. Retrieved from playday.id:

https://www.playday.id/boardgame/38/linimasa-card-game

Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII

SMP N 1 Semin. JURNAL IDEGURU, 100-108.

Purwanto, K. K. (2020, Juni). Karakteristik Peserta Didik. Retrieved from repository.billfath.ac.id.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap

Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5

Nomor 1, 86-96.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada

Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional

Matematika (2), 439-443.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Jakarta: Rajawali Press.

Sari, T. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Di SD

Negeri 4 Metro Barat. Skripsi.

Saylendra dkk. (2021). Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berbasis Board Game Dalam Mata

Pelajaran PPKN Untuk Mengembangkan Skill Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan, 172-175.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Wicaksana, I. P., & Agung, A. A. (2019). Pengembangan E-Komik Dengan Model ADDIE Untuk

Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal

EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 7, No. 2, 48-59.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Windika, I. S., Suprijono, A., Niswatin, N., & Prastiyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mandatory (Match and Learn History) Card Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 188–201. https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55906

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>