Analisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) kepada guru IPS di Sidoarjo

  • Yudistira Rizki Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran IPS yang dapat memotivasi pelajar untuk bisa memecahkan masalah yang ada dan Menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan mereka sendiri, mereka juga menerapkannya dalam konteks yang relevan dan dapat meningkatkan pemikiran kritis, mendorong inisiatif pelajar di sekolah, mendorong motivasi internal untuk belajar dan mengembangkan hubungan interpersonal didalam kerja kelompok dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis agar pelajar dapat meningkatkan keberhasilannya dalam memecahkan masalah dunia nyata, khususnya di abad ke-21. Berdasarkan latar belakang pada masalah yang dipaparkan, peneliti bermaksud melakukan penelitian yang berjudul Analisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) kepada pendidik IPS di Sidoarjo . Menentukan jenis-jenis data yang akan peneliti gunakan merupakan pendekatan kualitatif. Tujuan pendekatan kualitatif pada hakekatnya adalah suatu metode yang dihubungkan dengan pemaknaan atau interpretasi terhadap fenomena atau gejala yang diakibatkan baik oleh pelaku maupun perbuatannya. Interpretasi yang lebih dalam dari fenomena ini membutuhkan metode pengumpulan data yang berbeda secara signifikan dari metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil wawancara berkelanjutan dengan berbagai pengalaman mengajar 6-39 tahun. Berdasarkan pendapat responden atas pertanyaan yang diajukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa tenaga pendidik dengan pengalaman mengajar yang minim mampu beradaptasi dengan metode pengajaran yang dilakukan. Melanjutkan penggunaan bantuan teknis untuk menyelesaikan tugas lebih menarik dan lebih baik jika kita menganggap bahwa tenaga pendidik yang sudah lama mengajar baru terbiasa menggunakan pembelajaran berbasis teknologi. dan ada juga tenaga pendidik yang menggunakan aplikasi video edukasi untuk menarik perhatian siswa agar mudah memahami dan memahami materi yang dijelaskan oleh tenaga pendidik. Dan panjang atau pendek, berapa lama mereka mengajar, mereka menggunakan metode ini dengan kurikulum yang sama, sehingga tidak ada perbedaan keterampilan tenaga pendidik

References

Zaeni A, Rahayu W. PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF ASSESSMENT TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU MATEMATIKA BERBASIS HOTs. 2021;5(2):59-68.
Lestari W, Mulianingsih F. KOMPETENSI PROFESIONAL PADA GURU IPS DI KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. 2020;5(1):60-72.
Hidayati N, Setyosari P, Soepriyanto Y. Technological pedagogical content knowledge (tpack). Teknol Pendidik. 2018;1(4):291-298.
Rahman A., Mutiani, Putra MA. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Akhmad Munaya Rahman, Mutiani , M. Adhitya Hidayat Putra. Pendidikan, Komun dan Pemikir Huk Islam. 2019;10(2):375-387.
Senjaya AJ, Rakhmanudin M, Dekawati I. THE EFFECT OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) LEARNING MANAGEMENT TOWARD LEARNING OUTCOMES THROUGH STUDENT. Educ Manag Innov. 2021;2(2):183-198. doi:10.12928/ijemi.v2i2.3426
Zahroul C, Windy F. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI. Pendagogi. 2014;1(1):39-46.
Hadi MJ, Nasar A. Technological Pedagogical Content Knowledge in Pre-service Teacher Education : Research in Progress. Pendidik Kewarganegaraan. 2019;6(1):65-74.
Pulungtana JR, Dwikurnaningsih Y. EVALUASI KINERJA MENGAJAR GURU IPS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TPACK. Ilmu Sos dan Hum. 2020;9(1):146-155.
Bahari. Pedagogical Knowledge : Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Soc Sci Educ. 2020;2(1):33-39.
Yundayani A. Technological Pedagogical and Content Knowledge : Konsep Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Pembelajaran. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. ; 2019:1-6.
Sulfemi WB, Supriyadi D. Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar ips. Pendidik dan Adm Pendidik. 18(106):1-19.
Listiawan T. REPRESENTASI MENTAL DAN PROSES KOGNITIF YANG MENDASARI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE ( TPACK ). In: “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif.” ; 2017:588-596.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan,

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, E. (2019). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Soshum Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298.
Indriani, R., & Yanty, W. (2020). Praktik Guru dalam Pemanfaatan Teknologi di Kelas Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 98–110.
Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan Antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (Tise) Guru Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika
(Kudus), 2(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358
Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2),
Indah, D. A., Hermanu Joebagjo, & Leo Agung. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Peniaian Kerja Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(01), 1–9.
Nur Atikah, ‘Korelasi Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Dengan Kompetensi Profesional Guru Biologi Di SMA Kecamatan Seberang Ulu II Palembang’, 2019
A.R.A Putri, T. Hidayat dan W. Purnawingsih, ‘Pelatihan Taksonomi Numerik Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi’, Pendidikan Sains Indonesia, 2019
Prasetya, S. P. (2017). The Differences in Learning Outcomes of Geography Students Using Rotation Models. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 79(1), 357–361.
Published
2023-08-31
How to Cite
Maulana, Y., Prasetya, sukma, Suprijono, A., & Marzuqi, M. (2023). Analisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) kepada guru IPS di Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 87-94. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/54634
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 65