Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

  • Elina Almaghfiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengaruh, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi potensi sumber daya alam Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoarjo pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel dalam penelitian yakni kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil belajar IPS peserta didik yang diterapkan model pembelajaran project based learning di kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil pembelajaran dikelas kontrol dengan metode konvensional. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar dikelas eksperimen mencapai 78,47 , sedangkan nilai rata-rata di kelas kontrol yakni 69,72. Berdasar hasil pengujian hipotesis di kelas eksperimen diperoleh nilai hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai thitung  >  ttabel  yakni menunjukkan hasil 3.240 > 0,235 memiliki nilai signifikasi α = 0,05 yakni sig (2-tailed) 0,002 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar IPS peserta didik materi potensi sumber daya alam Indonesia.

References

Andari, I. A., Darsana, I. W., & Asri, A. S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 373-380.
Fathurrohman. (2015). Mode-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Harizah, D. T., Sumarmi, & Bachri, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 104-113.
Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheets Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Geografi. Jurnal Pendidikan:Teori,Penelitian,dan Pengembangan, 468-474.
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 279-295.
Lestari, S., Tambunan, E. P., & Syahputra, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terintegrasi Keislaman. Jurnal Biotek, 178-188.
Lugiati. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa. Journal of Education, 481-492.
Mekarsari, R. D., & Suprijono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Keas XI IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri Kabuh, Jombang. Avatara, 8(2).
Nasution, Warsono, Sarmini, K. P., & Segara, N. B. (2022). Training of Applying Research-Based Learning on Junior High School Social Studies Teacher. In Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEA. Atlantis Press, 358-362.
Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Subakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik:Wahana Ekspresi Ilmiah, 50-58.
Puspitasari, S., Hayati, K. N., & Purwaningsih, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Basicedu, 1252-1262.
Rasidah, W., Wahyuningsih, T., Erna Suhartini, Y. D., & Arafah, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Penguasaan Materi IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA, 1072-1078.
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 18-24.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2023-08-31
How to Cite
Almaghfiroh, E., Nasution, N., Marzuqi, M., & Prasetya, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 179-188. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55174
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 69