Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Gaya Hidup Berkelanjutan” dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman.

  • Muhammad Diwanul Mujahidin S1 Pendidikan IPS
  • Sarmini Sarmini
  • Nuansa Bayu Segara
  • Katon Galih Setyawan
Keywords: Permasalahan Lingkungan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan, Peduli Lingkungan, Kritis Komunikatif

Abstract

Permasalahan lingkungan hidup saat ini telah menjadi tantangan serius seringkali dianggap lumrah masyarakat di sekitar kita, hal ini tentu berdampak pada kelangsungan hidup dan keseimbangan ekosistem manusia. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema "gaya hidup berkelanjutan" dapat menjadi solusi dalam menanamkan peduli lingkungan. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek ini melibatkan berbagai sistem sosial dengan peran masing-masing dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan. Teori Kritis Komunikatif Jurgen Habermas menjadi alat analisis terhadap upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai penanaman peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan dalam proyek ini melibatkan berbagai langkah, mulai dari pemilihan koordinator proyek hingga implementasi aksi nyata. Penerapan konsep "gaya hidup berkelanjutan" dalam kegiatan seperti nobar, berselancar, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya membuktikan bahwa penanaman kesadaran lingkungan dapat dilakukan dengan cara yang menarik dan berkelanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini tidak hanya memperkuat konsep Teori Kritis Komunikatif Jurgen Habermas, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup melalui pendekatan yang kreatif, komunikatif dan berbasis partisipasi seluruh elemen dalam satuan pendidikan.

References

Alam, C. N., Muthohari, F., Ibrohim, M. N., & Kaesari, Y. N. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kepedulian Lingkungan di Dusun Pangadangan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(4), 311–320. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Aminah, H. K., Sukarno, S., & Yulisetiani, S. (2022). Analisis Implementasi Program Sekolah Sehat dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(4), 1–6.
Amirudin, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Studi Kasus di SMK NU 2 Kedungpring Kabupaten Lamongan). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 03(02), 335–345.
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., & dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (Edisi 1).
Arifin, S. S., & Syukri, M. R. (2022). Implementasi SDGs Melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah Anorganik. Buletin SDGs UNG, 1(01), 6–9.
Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook Of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.
Dwi Agustina, M., Nur Hudha, M., & Nur Kemala, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 2747–206.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan |, 18(2). https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/
Ghifary, H., Pramudyawardani. Faza Duta, Annisa, S. R., & Setyawati, M. E. (2022). Studi Literatur Keterkaitan Pembangunan Ekonomi dengan Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 4(6), 4409–4414.
Gora, R., & Olifia, S. (2019). Membangun Paradigma Komunikasi dalam Prespektif Habermas. Jurnal IKOM USNI, 66–86. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/z36bu
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu: Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 20(1), 97–119.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Khairani, C., Novalita, R., Syahril, A. B., Wati, M., Carvina, M., & Suryati, S. (2023). Implementasi Budaya Gotong Royong dalam Mewujudkan Profil Pancasila Bagi Maysrakat Paya Nie. Communnity Development Journal, 4(3), 5880–5886.
Kurniadi, O., & Muskhir, M. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Blok dalam Kurikulum Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 149–155.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2, 1(2), 271–279. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.169
Mardin, H., Demulawa, M., Kobi, W., Mustaqimah, N., Fajryani, N., Usman, U., Jannah, M., & Pagalla, D. B. (2022). Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal AbdiMas Bongaya, 2(1), 1–8.
Mashuri, I., & Karimah, N. (2020). Implementasi Pendidikan karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Bebas Sampah di SDN Bareng Kabat Banyuwangi. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–71. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami
Masykuroh, K., Chandrawaty, C., & Mursyidah, I. (2023). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Literasi Lingkungan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 162–170.
Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 6(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318.
Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya .
Prasetya, S. P., Sarmini, S., Zain, I. M., Artono, A., Sadewo, F. S., Mahat, H., & Hidayanti, A. (2022). Analysis Of Social Science Education Through an Environmental Approach as a Learning Resource. Jurnal Geografi: Geografi Dan Pengajarannya, 20(2), 77–88.
Rizaty, M. A. (2022). 10 Kabupaten/Kota Penghasil Sampah Terbanyak di Jawa Timur (2021). Katadata.Co.Id.
Roihanah, S., Salsabilla, S., Saiful, M. M., Firmandani, T. G., Ratna, Y., Listiawati, S. I., & Husamah, H. (2022). Proyek “Merawat daur biogeokimia bumi” sebagai penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 86–99. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24009
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 146–151.
Sayekti, I. C., Anugra Malaya, K., Jannah, A. M., & Wicaksono, A. G. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Project Based Activity. The 16 Th University Research Colloqium 2022 Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan , 176, 176–181.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sukmawati, S., Arwansyah, A., Ahmar, D. S., Azzajjad, M. F., & Patmasari, A. (2023). Sosialisasi Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMP Negeri 3 Sindue Tobata. Panrannuangku Jurnal Pendabdian Masyarakat, 3(2), 60–67.
Supraja, M. (2022). Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Hubermas. Gadjah Mada University Press.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 95–105.
Syahrudin, S., Mutiani, M., Samihati, M., & Jumriani, J. (2020). Aktualisasi Sikap Peduli Lingkungan Melalui Aktivotas Pengelolaan Sampah. Jurnal Socius, 9(2), 193–203. https://doi.org/10.20527
Ulfah, R. (2022). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 3(2), 57–66. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jgp/index
Ulfah, T. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital di Sekolah Menegah Pertama. Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Di Era Society 5.0, 727–736.
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Yuliana, A. I., Chusna, M., & Aziz, A. A. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Pelatihan Pemanfaatan Sampah plastik. JMM: Jurnal Masyarakat Merdeka, 4(1), 24–27.
Yusuf, N. M., & Ahsan, A. A. (2023). Gambaran Karakteristik Siswa Melalui Keteladanan Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 441–452. https://jurnaldidaktika.org441
Zikriana, S., Indrawadi, J., Montessori, M., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2023). Implementasi habituasi kegiatan cinta lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Journal of Education, Cultural and Politics, 3(1), 2798–6020.
Published
2023-12-26
How to Cite
Mujahidin, M., Sarmini, S., Bayu Segara, N., & Galih Setyawan, K. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Gaya Hidup Berkelanjutan” dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 24 - 40. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/57714
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 207