Optimalisasi Pemasaran Industri Kreatif Batik Suminar Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik Kabupaten Kediri)

  • Firdausi Irma Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Optimalisasi Pemasaran, UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik, Daya Saing

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh home industry Joglo Suminar Batik yang proses pemasarannya masih dilakukan secara sederhana, yaitu promosi dari mulut ke mulut dan kurang memanfaatkan teknologi informasi sehingga daya saing produk kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali informasi mengenai : (1) optimalisasi pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing, (2) faktor pendukung dan penghambat pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Strategi Generik dari Michael E. Porter. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini ialah Dra. Hj. Suminarwati Sundoro selaku pemilik home industry Joglo Suminar Batik, karyawan dan konsumen Batik Suminar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini antara lain (1) optimalisasi pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) menurut Kotler dan Amstrong yakni strategi produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi. (2) faktor pendukung diantaranya memiliki motif ciri khas, memiliki konsumen setia dari batik desain khusus, memiliki banyak relasi dengan pihak pemerintah dan swasta, produk Batik Suminar sering dibuat sponsor dan kerjasama, aktif mengikuti event, adanya masukan dari konsumen dan faktor penghambatnya yakni sumber daya manusia terbatas, cuaca yang tidak menentu sehingga menghambat produksi dan belum memanfaatkan platform online shop.

References

Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 42-63.
Dibyo, B., & Sujadi, S. (2018). Peran Merek “Kampoeng Batik Laweyan” Dalam Penguatan Batik Laweyan Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Kampoeng Batik Laweyan” Solo. Manfaat: Jurnal Manajemen dan Bisnis , 3 (1), 21-32.
Dpkm-Ugm, T. Y. (2020). Dampak awal pandemik COVID-19 terhadap UMKM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
el Rahman, A. I. (2020). Strategi Pemasaran Studi Kasus di UD. Bintang Timur Batik Labako. LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 161-175.
Hardoyo, B. A., & Kunhadi, D. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Batik Tulis Sekardangan Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik Industri dan Kimia, 4(1), 1-1.
Hendratmoko, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 2(1), 50-65.
Imron, M., Maryoni, H. S., Ali, A., & Nuraeni, H. (2021). Pemasaran Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Batik Jepara. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (Vol. 3, No. 1, pp. D-07).
Kustiyah, I. E. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Gema, 30(52), 62476.
Latifah, F. N., Azizah, N. L., Maika, M. R., & Chusna, N. M. (2021). Analisa Strategi Pemasaran Batik Secara Online pada Produsen Batik Warga Muhammadiyah Desa Kenongo Kabupaten Sidoarjo. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 33-42.
Mujiono. (2015). Keberadaan Batik Kediri Jawa Timur. Gelar, 13(1), 1–12.
Parino, P., & Kurnia, E. F. H. (2019). Efektivitas Strategi Dinas Perdagangan dalam Pengembangan Industri Kecil Batik di Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 61-74.
Putri, S. S. I. (2018). Sosial Strategi Pada Media Sosial Untuk Promosi Batik Khas Kediri Kreativitas dan Budaya Siber. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2018 (pp. 307-312). State University of Surabaya.
Sandstrom, G. M., & Dunn, E. W. (2014). Social interactions and well-being: The surprising power of weak ties. Personality and Social Psychology Bulletin, 40(7), 910-922.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alphabeta.
Sunardi, N., Nurzaman, E. A., Lesmana, R., & Hasbiayah, W. (2020). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Susanto, T., Rahayu, A., Ahman, E., & Wibowo, L. A. (2019). Aliansi Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 177–186.
Widadi, Z. (2019). Pemaknaan Batik Sebagai Warisan Budaya Takbenda. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 33(2), 17-27.
Published
2023-08-31
How to Cite
Salsabila, F., Sarmini, S., Setyawan, K., & Imron, A. (2023). Optimalisasi Pemasaran Industri Kreatif Batik Suminar Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik Kabupaten Kediri). DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 128-139. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/54949
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 42