Harmonisasi Agama Dan Budaya Masyarakat Candi Pari Studi Deskriptif Karakter Toleransi Dalam Aktivitas Budaya Bersih Desa

  • Cindy Arinda Diah Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: harmonisasi agama dan budaya, toleransi, nilai karakter, aktivitas budaya bersih desa, masyarakat Candi Pari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harmonisasi agama dan budaya serta menggambarkan nilai karakter toleransi yang terkandung dalam prosesi aktivitas Budaya Bersih Desa yang dilakukan oleh masyarakat Candi Pari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang terbagi menjadi key informant dan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi guna memeriksa keabsahan data. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari Herbert Blumer. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai karakter toleransi terjadi melalui berbagai aspek kegiatan budaya seperti tumpengan dan gunungan, ritual keagamaan, seni dan musik tradisional seperti wayangan dan karawitan, serta kerja sama dalam acara-acara seperti pembuatan gunungan. Adanya Budaya Bersih Desa memunculkan nilai-nilai karakter seperti nilai moral, sosial, spiritual, estetika, sentimental. Melalui nilai-nilai tersebut, masyarakat Candi Pari belajar untuk menerima perbedaan dan hidup berdampingan dengan harmoni.

References

Agustina, Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Makna Tradisi Barikan Bagi Pendidikan Karakter Anak Desa Sedo Demak. Jurnal Educatio, 1213-1222.
Antari, L. P., & Liska, L. D. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 676-687.
Gustiarto, G. (2012). Tradisi Upacara Bersih Desa Mbah Meyek Di Kampung Bibis Kulon Sebagai Potensi Wisata Budaya Di Kota Surakarta. Skripsi.
Irawati, E. (2020). Peranan Mahasiswa Dan Lembaga Dalam Membangun Toleransi Keragaman Budaya Di Sekolah Tinggi Theologia Biblika Jakarta. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 137-144.
Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Intoleransi Dan Antisosial Di Indonesia. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 273-290.
Marzali, A. (2016). Agama Dan Kebudayaan. Journal of Anthropology.
Mufaricha, A. N., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Pari Sidoarjo Berdasarkan Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. JPGSD UNESA, 1802-1811.
Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Penguatan Karakter Dalam Masyarakat Heterogen . Posiding Nasional.
Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2022). Harmonisasi Antar Etnis dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah Di Kalimantan Barat Pada Era Society 5.0. Jurnal Ketahanan Nasioanl, 119-142.
Rasyid, R. E. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal. Journal of Islamic.
Sahfutra, S. A. (2012). Pendekatan Budaya Dalam Harmonisasi Relasi Muslim Dan Non Muslim. Jurnal Kebudayaan Islam, 270-278.
Siburian, T. (2016). Menuju Kesetaraan Dalam Beragama Yang Berbudaya: Rafleksi Seminarian Injili. Jurnal Agama dan Masyarakat.
SP, J. I. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Published
2023-10-31
How to Cite
Pratama, C., Suprijono, A., Sarmini, S., & Niswatin, N. (2023). Harmonisasi Agama Dan Budaya Masyarakat Candi Pari Studi Deskriptif Karakter Toleransi Dalam Aktivitas Budaya Bersih Desa. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 202-216. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55979
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 66