Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kecamatan Sidoarjo

Authors

  • Chindy Adelya Brilliane Aurellio Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati
  • Ketut Prasetyo
  • Nuansa Bayu Segara

Keywords:

Motivasi Ekstrinsik, Prokrastinasi Akademik, Hasil Belajar IPS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar IPS peserta didik kelas IX pada tiga SMP Negeri di Kecamatan Sidoarjo. Terdapat tiga tujuan pada penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan dari motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPS, 2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan dari prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPS, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan dari motivasi ekstrinsik dan prokrastinasi akademik secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan desain korelasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa 1) Motivasi ekstrinsik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS, dengan memperoleh nilai t-hitung (8,923) > t-tabel (1,987) dan nilai signifikansi sebesar (0,000) < (0,05); 2) Prokrastinasi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS, dengan memperoleh nilai t-hitung (-2,454) > t-tabel (1,987) dan nilai signifikansi sebesar (0,016) < (0,05); 3) Motivasi ekstrinsik dan prokrastinasi akademik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS, dengan memperoleh nilai f-hitung (50,451) > f-tabel (3,10) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05) serta kontribusi pengaruhnya sebesar 53,4%.

Kata Kunci: Motivasi, Prokrastinasi dan Hasil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, J. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Menurut Teori Maslow Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Kalor. Jurnal ESTUPRO, 5(3), 111.

Akbar, R. F., & Aufa, M. F. (2024). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 205.

Anisa, N., Karyawati, L., & Karnia, N. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 7 di MTs Al-Ianah Kosambi. Jurnal Uinsu, 288–289.

Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 45.

Darsono, & Karmilasari, W. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional Mata Pelajaran: Guru Kelas SD, Unit IV: Ilmu Pengetahuan Sosial. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Dharma, A. M. (2020). Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Dharma Acarya. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(1), 68–70.

Farodis Yusman, S., Prasetyo, K., Khotimah, K., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Pemberian Reinforcement dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 192–205.

Indrawati, M. Y., & Pedhu, Y. (2022). Motivasi Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Smp Santo Fransiskus Ii Jakarta. Jurnal Psiko Edukasi, 20(2), 153–161.

Kasdiyanti, A., Alpusari, M., Mulyani, E. A., & Hermita, N. (2019). Hubungan Motivasi Ekstrinsik dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus 1 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 2–3.

Kurniati, N., Sinta, V., & Ismail, K. (2020). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(2), 55–64.

Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 7.

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. In Duta Media Publishing.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 660–662.

Putri Sekarasih, D., Ilyas Marzuqi, M., & Prastiyono, H. (2023). Pengaruh Regulasi Diri Dan Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahun 2022. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 39–50.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia.

Sakum, N. S., Panigoro, M., Sudirman, S., Ilato, R., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Kabila. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 141.

Siti Nurzannah. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal Of Education, 2(3), 29.

Suparwi, S. (2019). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Self of Control dan Perbedaan Gender Pada Mahasiswa IAIN Salatiga 2019 (2019th ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M IAIN Salatiga).

Suprijono, A. (2020). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM) (Edisi Revi). Pustaka Pelajar.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 194–195.

Wigati, A., & Soejoto, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Instrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–5.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Jurnal Auladuna, 2(1), 100–104.

Yudha, A. W., Yulianti, Y., & Gutji, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Prokrastinasi Akdemik Siswa di SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 69.

Zuraidah, Z., Sari, T. H. N. I., & Yuniarti, S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Prokrastinasi Akademik Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Balikpapan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(1), 6–7.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Aurellio, C. A. B., Ayu Larasati, D., Prasetyo, K., & Bayu Segara, N. (2024). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(4), 16–32. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/64591

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 120 , PDF Downloads: 74

Most read articles by the same author(s)