Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa SMP

Authors

  • Ulfa Nikmah Afriliana Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan
  • Muhammad Ilyas Marzuqi
  • Ketut Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55733

Keywords:

Project Based Learning, Pop Up Book, Ecoliteracy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Pop Up Book untuk meningkatkan Ecoliteracy siswa SMP. Peneliti menggunakan Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh kelas VII di SMP Negeri 42 Surabaya dengan pengambilan sampel berupa purposive sampling  sehingga didapati kelas eksperimen VII-H dengan menerapkan model Project Based Learning berbantu media Pop Up Book, sementara itu kelas kontrol VII-I dengan penerapan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil temuan, hipotesis dengan Uji Paired Sample T Test pada aspek pengetahuan Ecoliteracy kelas eksperimen yakni sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak, Artinya terdapat perbedaan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Pop Up Book terhadap Ecoliteracy siswa SMP. Meskipun pada kedua kelas mengalami peningkatan akan tetapi Ecoliteracy aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakukan model Project Based Learning berbantu media Pop Up Book lebih meningkat yakni perolehan NGain sebesar 0,517 kategorisasi NGain sedang, dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yakni 0,444.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Afriliana, U. N., Setyawan, K. G., Marzuqi, M. I., & Prasetyo, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 81–91. https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55733

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 81 , PDF Downloads: 54

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>