Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa SMP

  • Ulfa Nikmah Afriliana Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan
  • Muhammad Ilyas Marzuqi
  • Ketut Prasetyo
Keywords: Project Based Learning, Pop Up Book, Ecoliteracy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Pop Up Book untuk meningkatkan Ecoliteracy siswa SMP. Peneliti menggunakan Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh kelas VII di SMP Negeri 42 Surabaya dengan pengambilan sampel berupa purposive sampling  sehingga didapati kelas eksperimen VII-H dengan menerapkan model Project Based Learning berbantu media Pop Up Book, sementara itu kelas kontrol VII-I dengan penerapan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil temuan, hipotesis dengan Uji Paired Sample T Test pada aspek pengetahuan Ecoliteracy kelas eksperimen yakni sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak, Artinya terdapat perbedaan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Pop Up Book terhadap Ecoliteracy siswa SMP. Meskipun pada kedua kelas mengalami peningkatan akan tetapi Ecoliteracy aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakukan model Project Based Learning berbantu media Pop Up Book lebih meningkat yakni perolehan NGain sebesar 0,517 kategorisasi NGain sedang, dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yakni 0,444.

References

Aripin, Fajar, Y. (2021). Peningkatan Ecoliteracy Siswa dalam Pemanfaatan Sampah dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–15.
Handayani, M. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan di SD Budi Mulia Dua Bintaro. Metodik Didaktik, 15(1), 32–36.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Nurbayani, N., Sunardin, S., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Pluralisme Di Indonesia Menggunakan Media Pop-Up Book di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu. Jurnal Papeda: Jurnal …, 4(2), 183–188.
Pratiwi, D. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Audio Vidual Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar : Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Cikupa Tema 6 Muatan IPS Tahun Ajaran 2021/2022. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rizal, S., & Meidawaty, S. (2020). Membangun Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Mi Melalui Literasi Sains. 380 Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 378–387.
Sholihat, E. L. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Ecoliteracy Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS (Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMPIT Imam Bukhari).
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar: 97-98.
Tanjung, Rahmadani, et, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Paguyuban. ITTIHAD, V(No.1).
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185.
Published
2023-10-31
How to Cite
Afriliana, U., Setyawan, K., Marzuqi, M., & Prasetyo, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 81-91. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55733
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 34