Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Ecopedagogy di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo
Keywords:
Karakter Siswa, Peduli Lingkungan, Pendekatan EcopedagogyAbstract
Peduli lingkungan merupakan tindakan dan kesadaran yang dilakukan oleh siswa dalam menjaga, melestarikan, dan memperbaiki lingkungan sekolah. Peduli lingkungan terintegrasi kedalam pendidikan karakter. Pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa dituangkan kedalam kegiatan terhadap pengetahuan moral, sikap moral, dan tindakan moral. Oleh karena itu, melihat hal tersebut akan mewujudkan karakter siswa yang peduli lingkungan pada kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa dalam kepedulian lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy yang dilihat dari kegiatan peduli lingkungan di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo dengan menggunakan jenis penelitian mixed method. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori karakter oleh Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa mengenai kepedulian lingkungan, sebagian besar telah dilaksanakan dengan baik. Sebagian kecil siswa masih jarang melakukan sikap peduli lingkungan, karena kurangnya kesadaran dalam diri individu atau pengaruh teman sebaya dalam melakukan peduli lingkungan. Melalui keberlangsungan program pembentukan karakter yang telah dilakukan oleh SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo diharapkan dapat menumbuhkan karakter siswa dalam kepedulian lingkungan, khususnya karakter yang tertuang dalam visi dan misi sekolah adalah karakter berbudi pekerti luhur, akan menghasilkan seorang indvidu yang kompeten memiliki kemandirian, disiplin, empati, kerja sama, rasa hormat, dan tanggung jawab. Diharapkan penelitian ini menjadi rujukan bagi peneliti lain untuk dikembangkan melalui media atau metode yang sesuai dengan karakter peduli lingkungan pada siswa.
Downloads
References
Dalmeri, D. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 271. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260
Damariswara, R., Wiguna, F. A., Khunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16057
Irianto, D. M., Yunansah, H., Herlambang, Y. T., & Mulyati, T. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Model Multiliterasi Berbasis Ecopedagogy Approach. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 81–90. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18820
Mujahidin, M. D., Segara, N. B., & Setyawan, K. G. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Gaya Hidup Berkelanjutan” dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman. Dialektika Pendidikan IPS, 3(4), 24–40.
Putri, A. S. (2023). Ekopedagogi sebagai Fungsi Praksis Imago Dei dalam Menjaga dan Merawat Lingkungan. Jurnal EFATA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.47543/efata.v9i1.82
Sapriadi, S., & Hajaroh, S. (2019). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 55–65. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1426
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fransiska Insani, Dian Ayu Larasati, Ketut Prasetyo, Muhammad Ilyas Marzuqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 10
