Implementasi Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Pembelajaran IPS Di SMP PKBM Beringin Rindang Surabaya

  • Edho Satria Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi
  • Dian Ayu Larasati
  • Ketut Prasetyo
Keywords: Cooperative Learning tipe Sbowball Thrownig, PKBM

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Snowball Thrownig materi flora dan fauna pada mata perjaran IPS di peserta didik di kesetaraan SMP atau paket B Lembaga  Pusat Kegitan Belajar Masyarakat Beringin Rindang Surabaya.  Penelitian ini menggunakan teori  belajar Benjamin .S. Bloom mengenai tiga ranah antara lain ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pedekataan deskirptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Pada wawancara mengunakan teknik wawancara indepth interview atau wawancara mendalam. Tenik analis data milis dan hubermen dingunakan dalam menganalisi penelitian ini mereduksi data dalam satuan, menyususn kategorisasi dengan cara menilai satuan kedalam bagian-bagian yang memiliki kesamaan, mencari kaitannya antara satu kategori dengan kategori lain, selanjutnya menverivikasi dan membuat laporan temuan. Pada penelitian ini menghasilkan  beberapa temuan di PKBM beringin Rindang antara lain; pertama, proses pembelajaran IPS yang masih dominan menggunakan model ceramah, kedua, implementasi pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe Sbowball Thrownig materi flora dan fauna pada mata perjaran IPS di peserta didik di kesetaraan SMP atau paket B Lembaga  Pusat Kegitan Belajar Masyarakat Beringin Rindang Surabaya yang bersifat efektif karena peserta didik merasa proses pembelajaran terasa menyenangkan. Ketiga, dampak yang terjadi pada peserta didik setalah menggunakan model Cooperative Learning tipe Sbowball Thrownig materi flora dan fauna pada mata perjaran IPS peserta didik menjadi lebih aktif berpendat sehingga peserta didik menurut teori Benjamin .S. Bloom sesuia dengan teori diatas meskipun ada bebrapa aspek yang perlu ditingkatkan di PKBM Beringin Rindang Surabaya.

References

A, n., & amran, m. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas v sdn mapala kota makassar. Jurnal pendidikan , 12.
Anderson, k. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Angieananta; sudarman. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Koperatif Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 22 Samarinda. Jurnal pendidikan, 13.
Asmariati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 8.
Bloom, b. S. (1956). Taxonomy Of Educational Objectiveses "The Classification Of Educational Goals". Canada: Simultaneously In The Dominion Of Canada.
Julianti, e. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas VII SMP Budi Utomo. Jurnal Pendidikan, 4.
Nuha , puspaningtyas; krisdianto, hadiprasetyo; isna, farahsanti ;. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi. Jurnal Pendidikan, 7.
Rahman, a. (2014). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No. 1 Pantolobete. Jurnal Pendidikan , 14.
Ramlah. (2017). Penerapan metode pembelajaran kooperatif . Jurnal pendidikan, 7.
Rosida, a. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips. Jurnal pendidikan , 8.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran . Jakarta : Rajawali Pers. Pt Rajagrafindo Perseda.
Sinaga, b. (2017). Pnerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan , 8.
Sugiyono, p. (2013). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: alfabeta, cv.
Suprijono, a. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yohyakarta: pustaka pelajar.
Suprijono, a. (2019). Cooperative learning teori dan paikem. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: bumi aksara.
Vidianawati, i., suherman, & tiwow, v. M. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe . Jurnal pendidikan, 8.
Zubaedi. (2011 ). Desain pendidikan karakter dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan . Jakarta: kencana prenada media grub.
Published
2023-08-31
How to Cite
Pratama, E., Riyadi, R., Larasati, D., & Prasetyo, K. (2023). Implementasi Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Pembelajaran IPS Di SMP PKBM Beringin Rindang Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 206-216. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55172
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 13