Pengaruh Kemampuan Literasi Baca Tulis Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VIII Di Smp Labshcool Unesa 1 Kota Surabaya
Keywords:
Pengaruh, Literasi Baca Tulis, Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan ada atau tidaknya pengaruh kemampuan literasi baca tulis dalam model pembelajran ex-situ (problem based learning) terhadap hasil belajar IPS peserta didik terhadap materi munculnya organisasi dan tumbuhnya semangat kebangsaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP LABSHCOOL UNESA 1 Surabaya pada tahun ajarn 2023/2024. Penelitian ini dengan menggunakan desain one group pretest-posttest dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket. Teknis yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yang adalah uji validalitas, uji reabilitas, uji daya pembeda, uji kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterbiasaan membaca dan menulis terhadap hasil belajar peserta didik dengan model pembelajran ex-situ (problem based learning) di kelas VIII A memiliki pemgaruh. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian hipotesis nilai T hitung > T tabel (6.159 > 1,7011131) dengan nilai Sig. < 0,05. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ex-situ (problem based learning) kemampuan literasi baca tulis terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP LABSHCOOL UNESA 1 Surabaya memberikan hasil yang baik karena untuk tingkat ketercapaian peserta didik pada kategori sedang dan tinggi hanya sedikit dan terdapat pengaruh model pembelajaran ex-situ (problem based learning) kemampuan literasi baca tulis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP LABSHCOOL UNESA 1 Surabaya.
Downloads
References
Darmayoga, I. W. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Experiental Learning Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3019
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud, 45.
Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Putu Ayu Purnama Sari. (2022). Hubungan Literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. In Journal for lesson and learning studies (Vol. 3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24324%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/24324/14714
Sidhartani, S. (2016). Literasi Visual sebagai Dasar Pemaknaan dalam Apresiasi dan Proses Kreasi Visual. Jurnal Desain, 3(3), 155–163.
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, v+40.
Syafawani, U. R., & Safari, Y. (2024). Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(2), 1488–1502. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11810
Yunda Assyuro Hanun, & Akhmad Asyari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Global Education Trends (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.61798/get.v1i2.43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizky Bilal Syawaldi, Kusnul Khotimah, Agus Suprijono, Sarmini Sarmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

