Habitus Campus party pada Mahasiswa Kampus Negeri di Kota Surabaya dan Relevansinya dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Muhammad Asrorun Ni’am Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Campus party, Moral Mahasiswa, dan Etika Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana budaya Campus party membentuk pola pikir dan perilaku mahasiswa, khususnya dalam konteks moral dan etika. Fenomena ini menjadi perhatian karena banyak mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas party kampus cenderung mengalami perubahan dalam cara memandang nilai tanggung jawab, kejujuran, dan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, untuk memahami pengalaman subjektif mahasiswa yang pernah mengikuti Campus party. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya ini telah membentuk habitus atau kebiasaan sosial yang memungkinkan mahasiswa menormalisasi perilaku yang secara etis dipertanyakan. Mahasiswa sering mengalami dilema antara keinginan untuk diterima dalam pergaulan dan dorongan moral yang mereka miliki. Akibatnya, banyak dari mereka yang mengubah cara pandang terhadap etika demi menyesuaikan diri dengan lingkungan. Budaya permisif ini, jika tidak dikawal secara aktif oleh institusi pendidikan, dapat merusak kesadaran moral mahasiswa secara perlahan. Temuan ini menekankan pentingnya pendampingan dan pembinaan karakter secara berkelanjutan di lingkungan kampus, agar mahasiswa tidak hanya tumbuh sebagai insan akademik, tetapi juga memiliki integritas moral yang kuat. Pendidikan tinggi harus menjadi ruang pembentukan kepribadian, bukan sekadar tempat mengejar prestasi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2024). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Pola AsuhAuthoritativedengan Prestasi Belajar. Jurnal Komprehenshif, 2(1), 1–10

Apriyana, K., & Puspita, L. M. N. (2020). Sensitivitas etis dan pertimbangan moral mahasiswa akuntansi terhadap dilema bisnis. Jurnal Akuntansi, 8(1), 26–40.

Febriani, R. R. (2023). Perilaku Clubbing Pada Mahasiswa di Kota Bandung. 1–19.

Hadi, A. (2020). Makna Kehidupan Club Malam Surabaya Terhadap Remaja Desa Kokop Kab , Bangkalan ( Studi Kasus One Club Surabaya ) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harahap, C. B., Triyoga, A. I., & Prafitri, W. (2024). Maskulinitas pada Budaya Kejahatan Geng Klitih: Sebuah Analisis Konstruksi Sosial. 8(4), 477–490.

Harker, R., Mahar, C., & Wilkes, C. (2009). (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu (S. Rahmana (ed.); 2 ed.). Jalasutra

Ismail. (2017). Diskotik dan Mahasiswa ( Kajian Sosiologi Pada Penikmat Hiburan Malam Di Kota Makassar ) Dischoteque And Students ( Study Of Sociology On The Entertainers Of Nightlife In The City Of Makassar ) Ismail Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. 1–14.

Jakeman, R. C., Silver, B. R., & Molasso, W. (2014). Student Experiences at Off-Campus Parties: Results from a Multicampus Survey. Journal of Alcohol and Drug Education, 58(2), 64–85.

Jumaisa, F. Z., & Aras, A. (2022). Pengaruh kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual terhadap kesadaran sosial dengan budaya kampus sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Tadris IPS IAIN Parepare. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia).

Kana, M. D., Fanggidae, A. H. J., Riwu, Y. F., & Foenay, C. C. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo di Kota Kupang. IJEM: Indonesian Journal Economy and Management, 01(01), 1–9

Pantu, E. A., Karmiyati, D., & Winarsunu, T. (2020). Pengaruh tekanan teman sebaya dan kecemasan menghadapi ujian terhadap ketidakjujuran akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 54–65.

Rakhmaniar, A. (2023). Eksplorasi Pengaruh Kecemasan Sosial Terhadap Gaya Komunikasi Pada Mahasiswa. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(1), 80–94. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i1.1119

Sari, F. J. (2015). Mahasiswa Clubbers dan Dunia Malam Perspektif Daramatugi Erving Goffman (Studi Kasus Terhadap Pola Perilaku Mahasiswa Pada Tempat Hiburan Night Club Di Kota Malang). Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 2(4), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/111538-ID-mahasiswa-clubbers-dan-dunia-malam-dalam.pdf

Setiawan, P., Hartutiningsih;, & Abdullah, Z. (2023). Dampak Perilaku Clubbing Terhadap Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman). eJournal Pembangunan Sosial, 11(2), 94–108.

Sipayung, E. K., Sirait, F., Simanjorang, L., & Magdalena, M. (2024). Pentingnya kesadaran mahasiswa dalam membina karakter dan etika di lingkungan kampus. Jurnal Lentera: Jurnal Studi Pendidikan, 6(2), 35–46.

Sutarjo, M. A. S., Diniati, A., & Setiawati, S. D. (2023). Perspektif Dramaturgi Pada Komunikasi Antar Budaya Indonesia-Australia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(1), 21–30. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i1.2070

Wahyuni, P., & Dewi, P. A. R. (2023). Presentasi Diri Mahasiswa Sebagai Sexy Dancer Clubbing Di Kota Surabaya (Studi Dramaturgi Presentasi Diri Mahasiswa sebagai Sexy Dancer Club Malam di Kota Surabaya). The Commercium, 7(2), 68–78. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56075

Zebua, R., Gulo, M. J., Gulo, V. E., Harefa, J., & Siahaan, T. (2023). Pengaruh etika moral dalam pembentukan karakter mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan STIKes Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat), 2(1), 73–86.

Zulkhairi, Z., Arneliwati, A., & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 145–157. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Muhammad Asrorun Ni’am, Katon Galih Setyawan, Niswatin, & Ali Imron. (2025). Habitus Campus party pada Mahasiswa Kampus Negeri di Kota Surabaya dan Relevansinya dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(4), 99–108. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/70631

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 17