Pengembangan Media Berbasis ICT: E-Book Scan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS
Keywords:
media pembelajaran, ICT, e-book, IPS, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT berupa E-Book SCAN yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Media E-Book SCAN dikembangkan menggunakan platform Carrd yang memuat ringkasan materi, video pembelajaran, dan soal evaluasi yang terhubung dengan Google Form. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Surabaya sebanyak 62 orang. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan media tersebut. Oleh karena itu, media E-Book SCAN terbukti efektif untuk digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran IPS berbasis TIK.
Downloads
References
Andriani, D. (2021). Penyusunan Materi Digital untuk Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 59–66
Aksara. Aristo Rahadi. (2009). Pengertian, manfaat, dan fungsi media pembelajaran.
Asmani, J. M. (2011). Tuntunan lengkap metodologi praktis penelitian pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi Pendidikan.
Fitriyani, R., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan Mobile Learning dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 33–41.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kuncahyono, Sudarmiatin. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 3, No. 2, Desember 2018.
Kudsiyah, Siti, dan Harmanto. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas VIIID SMPN1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2017, 1–15.
Lestari, R. A., & Fitria, T. N. (2022). Pengembangan Soal Berbasis Konteks untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 135 –142.
Mardapi, Djemari. (2004). Penyusunan tes hasil belajar. Yogyakarta: UNY.
Miftakhul, Nuryanto, Sri., Fawaid, Miftahul. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication, and Technology) Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMAN1 Banguntapan. Pelita -Jurnal Penelitian Mahasiswa.
Muslih. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non- Formal TPQ. Jurnal Dimas. Volume 12. Nomor 2.
Muzacky, A. Y., & Prasetya, S. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Di Kelas XI IPS SMA Negeri Singgahan Kabupaten Tuban. Swara Bhumi, 5(9), 8-12.
Nurdin, S. (2001). Penerapan model pendekatan Aptitude-Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran IPS di SD (Disertasi S3, Universitas Pendidikan Indonesia).
Novita, Lina. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia VCD terhadap Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Budaya Masyarakat Demokratis. Jurnal Kreatif: Pendidikan, Kebudayaan dan Seni. Volume 18, No.2.
Puspitasari, Septiana Dewi. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Putra, R. Y., & Indah, S. (2023). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 90–97.
Prasetya, S. P. (2021). Penerapan Strategi Experiential learning Berbasis Model Rotasi. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 1(2), 77-84.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Pratama, R. D., & Arifin, Z. (2022). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Aplikasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 187–194.
Putri, A. K., & Hidayat, R. (2022). Integrasi ICT dalam Pembelajaran SMP: Studi Kasus di Sekolah Negeri. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 5(1), 24–33.
Rahmawati, N. (2021). Soal Interaktif Berbasis Aplikasi dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar.
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 14(2), 101–108.
Rohmah, F. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh selama Pandemi COVID-19: Studi Kasus Balai Diklat Keagamaan Semarang. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sari, D. P., & Wibowo, F. (2021). Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 12(2), 67–75.
Sari, A. R., & Wibowo, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.
Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 22–31.
Setiawan, R., & Rofiah, L. (2022). Microlearning untuk Generasi Z: Kajian Efektivita s. Jurnal Edutech, 8(1), 45–52.
Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional technology and media for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Brillianka Irly Sumardi, Sukma Perdana Prasetya, Katon Galih Setyawan, Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 21
,
PDF Downloads: 8
