PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE STRUKTUR BATANG ( PSB ) UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI STRUKTUR DAN JARINGAN BATANG KELAS XI SMA

  • Nurul Amalia Fadhila
  • Rinie Pratiwi Puspitawati

Abstract

Konsep sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sains. Dalam mempelajari biologi, konsep merupakan hal dasar  yang wajib ditanamkan kepada peserta didik agar mampu mengaitkan antara konsep-konsep yang telah dipelajarinya.  Konsep pada materi pembelajaran dapat terlatih dengan adanya latihan atau keterampilan yang diasah menggunakan media pembelajaran. Materi struktur jaringan batang  memiliki tingkat kesulitan terkait dengan  pemahaman konsep struktur dan fungsi. Puzzle dapat diartikan sebagai media pembelajaran yang dapat melatihkan keaktifan peserta didik dan meningkatkan kemampuan dasar kogntifnya. Puzzle Struktur Batang (PSB) adalah solusi media yang dapat menjadi sarana keaktifan peserta didik dalam mengasah konsep materi struktur batang di dalam proses pembelajaran  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dan lembar penggunaan media PSB serta untuk mengetahui kepraktisan media dalam melatihkan pemahaman konsep struktur batang. Kelayakan teoretis ditinjau berdasarkan hasil validasi. Kepraktisan berdasarkan aktivitas belajar, respons guru dan peserta didik serta motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya pada 20 Desember 2017 - 9 Mei  2018. Validasi media PSB dilakukan pada 2-7 Mei 2018. Media dan lembar penggunaan media PSB diujicobakan terbatas kepada 30 orang peserta didik SMA Negeri 1 Taman  pada 9 Mei 2018. Objek penelitian adalah media pembelajaran yang dikembangkan berupa media dan lembar penggunaan media  PSB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik, angket respons guru dan peserta didik, serta angket motivasi belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media dan lembar penggunaan media PSB yang valid secara teoretis dan kepraktisan. Validitas media pembelajaran PSB ditinjau secara teoretis memperoleh persentase sebesar 95,8% - 100% dengan interpretasi sangat layak ditinjau dari aspek  penyajian, format dan isi. Validitas lembar  penggunaan media PSB ditinjau dari aspek isi dan format mendapatkan persentase sebesar   95,8% - 97,9%. Pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan media sebesar 75-90%. Kepraktisan ditinjau dari tiga aspek yakni aktivitas belajar, respon guru dan siswa, serta motivasi belajar.

 

Kata kunci : Media PSB, Validitas, Pemahaman Konsep

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 451