PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Sylvani Kumala Ulinnuha
  • Sifak Indana

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa yang berfungsi sebagai penguat konsep peserta didik dan sebagai media peningkatan tingkat kritis pembelajar sangat jarang ditemukan di pasaran. Pelajaran yang dapat dikaitkan dengan kemampuan berpikir kritis dan model guided discovery adalah materi fotosintesis, dimana materi ini memiliki salah satu karakteristik yakni merancang / melakukan sebuah eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKS berbasis guided discovery pada materi Fotosintesis untuk melatih keterampilan berpikir kritis kelas XII SMAN 14 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Four D Models yaitu define, design, develop tanpa disseminate. LKS diuji cobakan pada 20 peserta didik kelas XII SMAN 14 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah, metode observasi keterlaksanaan, metode angket, dan metode tes. Metode analisis data berupa deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dengan modus sebesar 3,5 dan reliabel 98,2%, dinyatakan praktis dengan nilai sebesar 96,66%, LKS dinyatakan efektif ditinjau dari penilaian keterampilan berpikir kritis sebesar 75%, hasil belajar sebesar 100%, dan sensitivitas butir soal sebesar >0,30 yakni Antara 0,90-1,00. Berdasarkan hal tersebut, LKS dinyatakan valid, efektif, dan praktis.

Kata Kunci: LKS, Guided Discovery, Berpikir Kritis, Fotosintesis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 170 , PDF Downloads: 161

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>