VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)-BERBASISiPROBLEMiBASED LEARNINGl(PBL) PADAlMATERI PERUBAHAN LINGKUNGANlUNTUKlMELATIHKAN KETERAMPILANlLITERASIlSAINS

  • Lintang Putri
  • Sifak Indana

Abstract

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan lembaran yang berisi tugas, petunjuk dan langkah dalam menyelesaikan tugas. LKPD yang dikembangkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang pada setiap tahapannya terdapat indikator keterampilan literasi sains yang dilatihkan. Materi yang digunakan yaitu materi perubahan lingkungan karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi yang berisi kelayakan LKPD yang dikembangkan berdasarkan karakteristik LKPD yang baik meliputi kelayakan penyajian, isi, kebahasaan dan kesesuaian dengan PBL dan keterampilan literasi sains. Validator LKPD adalah ahli pendidikan biologi, ahli materi biologi dan guru biologi. Data dianalisis secara statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan LKPD dinilai sangat valid dengan skor 3,77. Dengan demikian LKPD berbasis PBL dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi perubahan lingkungan.

 

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), literasi sains,

materi perubahan lingkungan.

Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 128