KELAYAKAN TEORETIS BUKU AJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING KELAS X SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS
Abstract
Buku ajar adalah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yang memudahkan peserta didik untukmemahami materi pelajaran. Materi perubahan lingkungan mempelajari mengenai lingkungan sekitar. Collaborative
learning merupakan model pembelajaran yang didalamnya memuat kegiatan berkolaborasi/berkelompok dengan tahapan-tahapan antara lain engagement, exploration, transformation, presentation dan reflection yang menekankan pada kegiatan
eksplorasi peserta didik. Sedangkan literasi sains merupakan kemampuan peserta didik dalam menggunakan ilmu
pengetahuannya untuk memecahkan permasalahan di lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kelayakan teoretis buku ajar materi perubahan lingkungan berbasis collaborative learning. Penelitian ini menggunakan
model pengembangan 4D yakni define, design, develop dan disseminate, namun tanpa tahap disseminate. Teknik
pengambilan data dilakukan menggunakan metode validasi terhadap tiga validator diantaranya dosen ahli materi, dosen
ahli pendidikan dan guru biologi SMA. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Buku ajar
yang dikembangkan diharapkan dapat melatihkan literasi sains peserta didik. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor rata-rata keseluruhan validitas 3,93 dengan persentase sebesar 98,25% yang menunjukkan buku ajar yang dikembangkan
sangat valid.
Kata Kunci: kelayakan teoretis buku ajar, perubahan lingkungan, collaborative learning, literasi sains.
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 125