Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Model Learning Cycle 5E pada Sub Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital

Authors

  • Nisfi Puji Rosanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Bashri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p639-648

Keywords:

Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Learning Cycle 5E, Literasi Digital, Reproduksi tumbuhan

Abstract

Kemajuan teknologi di abad ke-21 berpengaruh signifikan terhadap berbagai bidang, khususnya pendidikan. Literasi digital menjadi kemampuan yang harus dimiliki siswa agar mampu mengakses informasi yang valid dan mengembangkan pemahaman konsep pembelajaran dengan benar. Salah satu topik yang membutuhkan penguasaan konsep adalah sub materi reproduksi tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis model learning cycle 5E pada sub materi reproduksi tumbuhan untuk melatihkan kemampuan literasi digital yang layak berdasarkan pada aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Metode pengumpulan data melalui instrumen validasi, observasi keterlaksanaan, angket respon, dan lembar tes (pretest-posttest). Subjek uji coba terbatas yaitu 36 peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis, E-LKPD yang dikembangkan menunjukkan tingkat validitas sebesar 96,67%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan yang diukur melalui observasi keterlaksanaan dan respon peserta didik masing-masing memperoleh hasil 100% dan 98,89%, dengan kategori sangat praktis. Keefektifan yang dinilai melalui N-Gain guna menunjukkan peningkatan hasil belajar pretest ke posttest adalah 0,74, dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk kegiatan pembelajaran. E-LKPD dapat memfasilitasi siswa untuk berlatih literasi digital karena penggunaannya dalam proses pembelajaran dinyatakan mampu melatihkan kemampuan literasi digital pada siswa SMA kelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanty, A., Anwar, Y., dan Destiansari, E. 2024. Pemanfaatan TIK pada Pembelajaran Biologi Guru SMA di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 3(2), 1-16.

Amri, N. F., Anwar, C. R., dan Monoarfa, M. 2024. Analisis Literasi Digital Dalam Pembelajaran Mahasiswa Angkatan 2021 Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 16-25.

Anindhita, O. V., Isnawati, I., dan Bashri, A. 2022. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Kelas X pada Materi Fungi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 699-711.

Anisah, A., dan Wisanti, W. 2022. Pengembangan LKPD" Lumut" Berbasis Learning cycle 5E untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 270-284.

Ananda, O. T., Mahanal, S., dan Susanto, H. 2023. Literasi Digital Siswa: Studi Deskriptif pada Pembelajaran Biologi di SMA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1100-1110.

Arnyana, I. B. P. 2019. Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), I-XIII.

Aulia, I. A., Vebrianto, R., dan Mujtahid, I. M. 2022. Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial dalam Mencegah Cyber Crime. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 3(1), 15-26.

Bybee, R. W. 2014. The BSCS 5E Instructional Model: Personal Reflections and Contemporary Implications. Science and Children, 51(8), 10-13.

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., dan Landes, N. 2006. The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. Colorado Springs: BSCS.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faturrokhman, R. 2024. Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa Di Sekolah SMK Pembangunan. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4), 713-721.

Fina, I. D., Raharjo, dan Purnama, E. R. 2022. The Development of Electronic-Worksheets (E-Worksheets) Based on Crosswords Games with Sub-Materials of The Excretory System to Improve the Motivation of High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 691-698.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Haromain, S. N., Fazriah, A. T. N., Husen, S. A., Palupi, I. N., dan Diella, D. 2024. Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa dalam Penggunaan Search Engine Application pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Tasikmalaya. BioSintesa: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1).

Hartati, S. 2023. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Siklus Hidup Tumbuhan. Berajah Journal, 3(1), 277-284.

Hashim, S., Masek, A., Muda, W. H. N. W., Khamis, N., Zahir, N. Z. M., dan Zulkifli, N. N. 2022. The Development of a Hypothesis Testing Learning Module Through 5E’s Model for Technical and Vocational Education Students. In International Conference on Mathematical Sciences and Statistics (ICMSS), 466-483.

Hasliyah, S., Sofyan, A., dan Fadilah, E. 2022. Kompetensi Literasi Digital Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 157-167.

Irhandayaningsih, A. 2020. Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. ANUVA, 4(2), 231-240

Judijanto, L. 2024. Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(02), 50-60.

Latifah, N., Mil, S., dan Yamin. 2025. Peningkatan Literasi Digital Siswa melalui Workshop Media Edukasi Digital di SMA Tadika Pertiwi Depok. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 20-31.

Manurung, H. P. O., dan Anazifa, R. D. 2024. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Sel Untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Edukasi Biologi, 10(2), 212-227.

Mardiah, D. 2023. Systematic Literature Riview Terhadap Minat Baca di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 5(1), 33-44.

Mardiana, D., dan Fitriani, R. 2023. Analisis Perkembangan 6 (Enam) Literasi Dasar pada Pendidikan di Indonesia. Journal of Digital Literacy and Volunteering, 1(2), 41-49.

Ningtyas, L. R., dan Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan e-LKPD Interaktif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 527-536.

Nurulia, G. S., dan Qomariyah, N. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning cycle 5E Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Terintegrasi Peserta Didik Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 285-293.

Pertiwi, Y., Indah, R. A., dan Fitri, R. 2022. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 1076-1084.

Pratama, F. R., Komariah, N., dan Rodiah, S. 2022. Hubungan Antara Kemampuan Literasi Digital Dengan Pencegahan Berita Hoaks di Kalangan Mahasiswa. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(3), 165-184.

Pratama, R. A., Idi, A., Karomah, dan Yanto, A. F. 2025 Interaksi Edukatif Sebagai Fondasi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik. Journal on Education, 7(2), 9049-9056.

Pujiawati, P. 2021. Pengaruh Internet Terhadap Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik: Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPA Di SMAN 1 Ciampel. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 233-242.

Putri, L., Permana, I., dan Holiyani, I. 2023. Upaya Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Melalui Penggunaan E-Modul Berbasis Flipbook pada Materi Keanekaragaman Hayati. Report of Biological Education, 4(2), 85-98.

Rahmawati, F., Achdiani, Y., dan Maharani, S. 2021. Improving Students’ Learning Outcomes Using 5E Learning Cycle Model. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(2), 97-100.

Riduwan, dan Akdon. 2020. Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rezeki, S., Hambali, H., dan Fadhilah, N. 2022. Pengaruh E-LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Animalia Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 1(1), 1-11.

Salema, A., Meha, A. M., dan Ngginak, J. 2024. Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMAN 4 Kupang. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(2), 215-223.

Samaduri, A. 2022. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 109-120.

Sani, R. N., dan Ambarwati, R. 2024. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 323-338.

Sari, V. M., Huri, D., dan Triyadi, S. 2024. Pengaruh Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Resensi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 920-927.

Simamora, A. A., dan Asri, M. T. 2024. Pengembangan E-LKPD Interaktif untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA pada Materi Virus. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 339-355.

Solihat, R., Rustandi, E., Herpiandi, W., dan Nursani, Z. 2022. Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sonia, S., dan Yuliani, Y. 2023. Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 113-124.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., dan Ayu, S. M. 2024. N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.

Syathroh, I. L., Pratiwi, V., Iman, A., Yusron, A., dan Suryaningrum, S. 2024. Metode Pengembangan Bahan Ajar. Solok, Sumatera Barat: Mafy Media Literasi Indonesia.

Vari, Y., dan Bramastia, B. 2021. Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 131-136.

Wijayanti, A., Lestari, W. F., Zahroini, A. L., Puspitasari, A. S. D., Pradana, A. S. N., dan Ulya, C. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 202-212.

Yaman, S., dan Karasah, S. 2018. Effects of Learning Cycle Models on Science Success: A Meta-Analysis. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 65-83.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 335 , PDF Downloads: 91

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.