Profil Permainan Edukatif Ludo pada Materi Plantae untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Binti Munawaroh UNESA
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Bashri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mendorong pendidikan untuk memiliki kompetensi keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya keterampilan berpikir kritis pada  pembelajaran. Proses pembelajaran juga memerlukan adanya variasi agar peserta didik tertarik untuk aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Salah satu variasi pembelajaran yakni menggunakan media pembelajaran berupa permainan edukatif Ludo pada materi Plantae yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran sekaligus melatihkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat permainan edukatif Ludo sebagai media pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi Plantae yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektivitasan. Pada penelitian ini, digunakan model pengembangan yaitu Research and Development (R & D). Produk permainan edukatif Ludo yang dihasilkan telah melalui proses telaah, revisi, dan ujicoba. Validitas permainan edukatif Ludo yang didapatkan dari penilaian tiga validator menghasilkan persentase sebesar 95,3% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan permainan edukatif Ludo didapatkan dari hasil observasi aktivitas peserta didik yang menghasilkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan hasil respons positif peserta didik yang menghasilkan persentase sebesar 96,2% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan permainan edukatif Ludo didapatkan dari hasil perolehan gain score yang menghasilkan rata-rata sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan  hasil ketuntasan indikator pembelajaran  yang menghasilkan persentase sebesar 92,1% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif Ludo Plantae yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: pengembangan, permainan edukatif, Ludo, Plantae, berpikir kritis.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 35