Pengembangan Multimedia Interaktif Google Site Transpor Membran Berbasis Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p658-668Keywords:
Multimedia Interaktif, Google Site, Collaborative Learning, Hasil Belajar, Transpor MembranAbstract
Peningkatan kualitas pembelajaran abad ke-21 menuntut penguasaan keterampilan kolaborasi dan pemanfaatan teknologi. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi transpor membran yang bersifat kompleks sehingga berdampak pada hasil belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar adalah pendekatan collaborative learning yang didukung dengan multimedia interaktif Google Site. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif Google Site berbasis collaborative learning yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi transpor membran. Desain pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan metode validasi, observasi, angket respon, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif Google Site berbasis collaborative learning memiliki validitas sangat valid berdasarkan aspek penyajian, isi, kegrafikan, kebahasaan, dan collaborative learning dengan rata-rata skor sebesar 98,75%. Google Site dinilai sangat praktis berdasarkan lembar keterlaksanaan Google Site dengan rata-rata skor sebesar 97,65% dan angket respon peserta didik dengan rata-rata skor sebesar 97,6%. Keefektifan Google Site diperoleh berdasarkan ketuntasan hasil pre-test dan post-test dengan peningkatan skor N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Multimedia interaktif Google Site berbasis collaborative learning layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran materi transpor membran.
Downloads
References
Agustina, T. W. 2023. Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) pada Pembelajaran Biologi Terapan. In Gunung Djati Conference Series, 30, 287-296.
Amiruddin, A. 2019. Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of Education Science, 5(1).
Anharuddin, M. M., & Prastowo, A. 2023. Pengembangan bahan ajar tematik dengan media pembelajaran lectora inspire. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 94-108.
Aqil, D. I. 2017. Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160–171.
Asyhar, R. 2021. Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi.
A'yun, Q., & Wisanti, W. 2024. Kelayakan Website Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal Gresik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Digital. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(3), 618-628.
Daga, A. T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.
Darmawan, G., & Pujiastuti, H. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 244-248.
Darmawan, D. 2012. Teknologi Pembeljaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. 2024. Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif: Perspektif Teoritis dan Praktis: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152-159.
Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. 2024. Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466-471002E
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills_ A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin Press.
Handajani, S., Pratiwi, H., & Mardiyana, M. 2018. The 21st century skills with model eliciting activities on linear program. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1).
Haryanto. 2015. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, F., Kunrozazi, K. & Kurniawan, N. 2022. Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pademi Covid 19. Education Journal: Journal Educational Researchand Development, 6(1), 47-58.
Indana, S., Susantini, E., & Bashri, A. 2021. The development of integrated textbook cooperative learning model to improve learning outcomes and practice literation skills. In Journal of Physics: Conference Series, 1899(1).
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Isa, W. N., Musril, H. A., & Zahrati, W. 2022. Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Berbasis Magic Book. JSR: Jaringan Sistem Informasi Robotik, 6(1), 1-13.
Isnaini, M., Trimulyono, G., & Hikmah, Z. 2024. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kolaborasi. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 501-507.
Jamilah, Y. M., & Indana, S. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Materi Kingdom Plantae untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Kurikulum Merdeka. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(1), 55-65.
Kesuma, D. P. 2021. Penggunaan metode System Usability Scale untuk mengukur aspek Usability pada media pembelajaran daring di Universitas XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(3), 1615-1626.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. CP & ATP Biologi SD-SMA. Jakarta: Kemendikbud (Online), (https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/biologi/fase-f/, diakses 6 Mei 2025)
Kurniawan, H. 2022. Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.
Melvita, R., Zakir, S., & Efriyanti, L. 2024. Perancangan E-Learning Mata Pelajaran Informatika Menggunakan Google Site di SMP Negeri 1 Rao Selatan. Jurnal Informasi, Sains dan Teknologi, 7(2), 125-135.
Nasihah, S. A., & Utami, R. P. 2024. Validitas dan Kepraktisan Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Tem-Pjbl Pada Materi Invertebrata di Kelas X SMA dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 116-123.
Nurgiansah, T. H. 2022. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1529-1534.
Palennari, M., Lasmi, L., & Rachmawaty, R. 2021. Keterampilan pemecahan masalah peserta didik: studi kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208-216.
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. 2023. Pemanfaatan Google Site Sebgai Media Pembelajaran IPA. In SINASIS (Seminar Nasional Sains), 4(1).
Prayudi, A., & Anggriani, A. A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 1(1), 9-18.
Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. 2018. The Internet explosion, digital media principles and implications to communicate effectively in the digital space. E-learning and Digital Media, 15(1), 36-52.
Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Safitri, A. I., & Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Transpor Membran Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 549-556.
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., ... & Aryuni, M. 2023. Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sapulete, H., Priakusuma, A., Solissa, E. M., Putri, I. D. A., & Mere, K. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Google Site dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 5(1), 94-100.
Sari, T. I. 2023. Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites dengan Model PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Khazanah Pendidikan, 17(1), 106-115.
Shahzad, M., & Nadeem, M. A. 2021. Developing Learning Environment Using Interactive Multimedia. Pakistan Journal Of Distance And Online Learning, 7(1), 93-106.
Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. 2015. Desain multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sufiya, N., & Faizah, U. 2019. Pengembangan Ensiklopedia Elektronik Interaktif Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa Submateri Arthropoda Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(3).
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. 2024. N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University
Wati, R. T., & Yuliani, Y. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 340-349.
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. 2019. Peran guru dalam menggunakan model pembelajaran collaborative learning terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. 2022. Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Abstract views: 183
,
PDF Downloads: 62











