Profil dan Validitas Secara Teoritis Booklet Materi Sel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA

  • Astri Retno Dwi Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Mahanani Tri Asri Universitas Negeri Surabaya
  • Erlix Rakhma Purnama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 khususnya pada materi sel memiliki kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yaitu peserta didik mampu memahami komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang meliputi struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan, hal ini menyebabkan peserta didik harus paham dan menguasai materi yang telah diajarkan. Oleh sebab itu diperlukan adanya booklet yang inovatif serta mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas booklet pada materi sel untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan ADDIE. Validitas booklet didasarkan pada pengukuran kelayakan penyajian (teknis), kelayakan bahasa (konstruksi), dan kelayakan isi (didaktik), validitas booklet diinterpretasikan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi berdasarkan aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 3,8; aspek kelayakan bahasa dengan skor 3,83; dan aspek kelayakan isi memperoleh skor 3,5. Secara keseluruhan, hasil validasi booklet memperoleh skor rata-rata 3,71 sehingga dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, booklet materi sel yang dikembangkan telah memenuhi kriteria penilaian booklet dan dapat dikatakan layak secara empiris dan teortitis.

Kata Kunci: Booklet, sel, pemahaman konsep.

Published
2021-02-25
Section
Articles
Abstract View: 496
PDF Download: 448