Analisis Keterampilan Proses Sains dalam Buku Ajar yang Dikembangkan Mahasiswa Calon Guru Biologi
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p321-329Abstract
Keterampilan proses sains berperan penting bagi pembelajaran dalam membantu peserta didik
menyelesaikan penelitian dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis jenis
keterampilan proses sains yang terfasilitasi pada buku ajar Biologi SMA yang dikembangkan mahasiswa
calon guru biologi. Jenis keterampilan proses sains yang dianalisis ialah mengamati, mengukur,
mengklasifikasi, mengkomunikasi, keterampilan bertanya, dan menafsirkan. Analisis data terhadap
sepuluh sampel buku ajar menggunakan deskriptif kualitatif dengan batasan materi keanekaragaman
hayati, fungi, plantae, dan animalia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sampel buku ajar memiliki
penyajian keterampilan proses sains kategori rendah sebesar 30%, kategori sedang 20%, dan kategori
tinggi 50%. Jenis keterampilan pada buku ajar yang paling banyak terfasilitasi ialah keterampilan
mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasi, dan menafsirkan, sedangkan keterampilan mengukur dan
keterampilan bertanya kurang terfasilitasi. Diharapkan mahasiswa calon guru dapat mengembangkan
bahan ajar yang sekaligus dapat melatihkan keterampilan proses dan karakteristik materinya, sesuai
dengan kompetensi pedagogik guru.