Analisis Keterampilan Proses Sains dalam Buku Ajar yang Dikembangkan Mahasiswa Calon Guru Biologi

Authors

  • Izza Hilma Rusyady Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p321-329

Abstract

Keterampilan proses sains berperan penting bagi pembelajaran dalam membantu peserta didik
menyelesaikan penelitian dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis jenis
keterampilan proses sains yang terfasilitasi pada buku ajar Biologi SMA yang dikembangkan mahasiswa
calon guru biologi. Jenis keterampilan proses sains yang dianalisis ialah mengamati, mengukur,
mengklasifikasi, mengkomunikasi, keterampilan bertanya, dan menafsirkan. Analisis data terhadap
sepuluh sampel buku ajar menggunakan deskriptif kualitatif dengan batasan materi keanekaragaman
hayati, fungi, plantae, dan animalia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sampel buku ajar memiliki
penyajian keterampilan proses sains kategori rendah sebesar 30%, kategori sedang 20%, dan kategori
tinggi 50%. Jenis keterampilan pada buku ajar yang paling banyak terfasilitasi ialah keterampilan
mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasi, dan menafsirkan, sedangkan keterampilan mengukur dan
keterampilan bertanya kurang terfasilitasi. Diharapkan mahasiswa calon guru dapat mengembangkan
bahan ajar yang sekaligus dapat melatihkan keterampilan proses dan karakteristik materinya, sesuai
dengan kompetensi pedagogik guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 199 , PDF Downloads: 593

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2