PEMBELAJARAN SUBMATERI MOLLUSCA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR

  • Rieneke Cahyani
  • Reni Ambarwati

Abstract

Abstrak

Filum Mollusca merupakan salah satu filum besar pada Kingdom Animalia, saat mempelajari filum tersebut peserta didik diharapkan melakukan pengamatan langsung, sehingga pembelajaran akan bersifat student centered. Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif yang berpusat pada peserta didik menciptakan keterlibatan peserta didik secara aktif di dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKPD Scientific Approach yang telah dikembangkan, dapat mengatasi permasalahan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, meningkatan hasil belajar, serta respons peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan LKPD Berbasis Scientific Approach untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian Pretest and Posttest Group Design,dengan kelas perlakuan yang terdiriĀ  X MIPA 2 dan X MIPA 3 dan kelas kontrol X MIPA 1, dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Penelitian dilakukan selama satu bulan yaitu Maret 2019. Data keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, peningkatan hasil belajar dan respons peserta didik dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil belajar dianalisis dengan uji Z dan gain score. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan LKPD Berbasis Scientific Approach submateri Filum Mollusca dapat terlaksana dengan sangat baik, yaitu 90,6%, dengan aktivitas sangat baik dengan persentase 93,71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36 peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang menggunakan LKPD berbasis Scientific Approach submateri Filum Mollusca mencapai ketuntasan belajar 100%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 25%. Hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai gain score 0,91 dengan kategori tinggi. Selain itu, peserta didik memberikan respons positif sebesar 96,90% terhadap pembelajaran.

Kata kunci: Filum Mollusca, LKPD, Scientific Approach
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 179