Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Vertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik SMA Kelas X

Authors

  • Belqis Cahyaning Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p506-514

Abstract

Strategi metakognitif merupakan strategi yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan pada proses berpikir. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD pada materi vertebrata yang valid dan praktis untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik dengan strategi Know-Want-Learned (KWL). Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4-D yang terdiri atas Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), tanpa melakukan tahap Disseminate (penyebaran) yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Validitas diukur berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli pendidikan, kepraktisan yang diukur berdasarkan respons peserta didik dan guru setelah menggunakan E-LKPD dalam pembelajaran. Data validitas dianalisis dengan menentukan presentase, sedangkan kepraktisan dianalisis berdasarkan persentase hasil respons peserta didik dan respons guru. Produk yang telah dikembangkan diujicobakan secara terbatas kepada 15 peserta didik dan 5 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD dinyatakan valid dengan perolehan persentase sebesar 98,86%. Berdasarkan hasil kepraktisan menurut respons siswa dan respons guru, E-LKPD dinyatakan praktis dengan perolehan persentase respons guru sebesar 92,8% serta respons siswa sebesr 100%. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis strategi Know-Want-Learned (KWL) pada materi vertebrata yang dikembangkan valid serta praktis untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa kelas X SMA.

Kata Kunci: Pembelajaran Online, KWL, Keterampilan Berpikir, Vertebrata

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 129 , PDF Downloads: 147

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>