Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Anindyta Happy Indah Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peserta didik pada abad ke-21 dituntut untuk memiliki keterampilan 4C, satu diantaranya yakni berpikir kritis. Keterampilan tersebut perlu dilatihkan pada peserta didik supaya mempunyai kompetensi untuk menghadapi berbagai kompleksitas masalah kehidupan pada era informasi serta globalisasi dengan cara berpikir rasional serta reflektif yang terfokus kepada pembuatan keputusan mengenai apa yang diyakini serta dilakukan. Faktanya, di Indonesia keterampilan berpikir kritis pada peserta didik cukup rendah. Karena hal itu, perlu dikembangkan bahan ajar e-LKPD saintifik yang bisa melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis saintifik pada materi Perubahan Lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian e-LKPD menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-LKPD. Kelayakan e-LKPD dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator, kepraktisan didapat dari keterlaksanaan aktivitas serta angket respons dan keefektifan didapat dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis. Uji coba penelitian kepada 33 peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 1 Kebomas. Hasil validitas memperoleh rata-rata 3,61 berkategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas e-LKPD 1 dan 2 masing-masing memperoleh rata-rata 92,72% dan 94,54% berkategori sangat praktis. Angket respons mendapat rata-rata 93,63% berkategori sangat praktis.  Berdasarkan validitas, dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD saintifik layak untuk digunakan.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 105