Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Respirasi Manusia untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMAS Hang Tuah 1 Surabaya

Authors

  • Nur Mazidah Rizqiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Hariani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p326-337

Keywords:

penelitian pengembangan, E-LKPD, problem based learning, sistem respirasi manusia, berpikir kritis

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang baik didukung fitur-fitur berupa Bio News, Bio Think, Bio Activity, Bio Communication, dan Bio Revaltion (Reflection and Evaluation) ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Tahap define dilakukan melalui analisis awal akhir dari permasalahan, analisis kognitif peserta didik, analisis konsep materi sistem respirasi manusia, analisis tugas dari E-LKPD, perumusan tujuan pembelajaran. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Tahap design data didapatkan melalui pembuatan rancangan awal produk E-LKPD berbasis PBL materi sistem respirasi manusia. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Tahap develop dilakukan pengumpulan data hasil validasi melalui penilaian E-LKPD oleh para validator berdasarkan skala likert 1-5 diuji cobakan dengan memberikan angket respons peserta didik. Analisis data secara deskriptif kuantitatif, serta pemberian soal pretest dan posttest dianalisis melalui uji statistik uji t berpasangan  dan uji N-gain. Tahap dissemination dilakukan publikasi artikel hasil penelitian ini di jurnal berkala ilmiah pendidikan biologi (BioEdu). Hasil penelitian validitas E-LKPD menunjukkan skor sebesar 89,62% (sangat valid). Hasil kepraktisan E-LKPD melalui angket respons peserta didik sebesar 98,46% (sangat praktis). Hasil keefektifan E-LKPD dilihat berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan sebesar 0,000 < 0,005 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sangat signifikan sebelum dan sesudah pemberian E-LKPD. Hasil uji N-gain sebesar 0,86 termasuk kategori tinggi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini adalah E-LKPD yang dihasilkan baik ditinjau dari validitas yang berada pada kategori sangat valid; kepraktisan dengan kategori sangat praktis; keefektifan dengan kategori sangat efektif.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, E-LKPD, problem based learning, sistem respirasi manusia, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, U. N., Utami, T. W., Khalidiyah, T., dan Huriyah, L. 2022. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education. 6(1): 57-65.

Adiansha, A. A., Khatimah, K., dan Asriyadin. 2020. Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA. 10(1): 45-52.

Andini, P., dan Qamariyah, N. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Melatihkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Untuk Konsep Sel. BioEdu. 13(1): 135-146.

Anwar, A. F., Maharani, N. D., dan Toding, M. P. 2023. Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning dengan Materi Sistem Pernapasan. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM.

Cholifah, S. N., dan Novita, D. Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice. 5(1): 23-34.

Damayanti, A. N., dan Raharjo. 2020. Validitas Flipbook Interaktif Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritia Siswa Kelas XI SMA. BioEdu. 9(3): 443-450.

Fitriyah, I. M. N., dan Ghofur, M. A. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5): 1957-1970.

Herlina, P., Hamdu, G., dan Nugraha, A. 2023. Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(6): 504-513.

Hidayah, I. F., dan Kunjtoro, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. BioEdu. 11(2): 384-393.

Isslamiyah, N. I., dan Wijayanti, P. 2022. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Higher Order Thingking Skills (HOTS) Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 11(3): 754-764.

Khoirunnisa, J. P. N., dan Dwikorantoro. 2021. Profil Keterampialn Berpikir Kritsi Siswa dalam Penyelesaian Masalah Materi Hukum Newton. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3): 806-8016.

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., dan Sari, D. K. 2020. Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan. 16(1): 104–109.

Masgumelar, N. K. 2021. Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal. Vol. 2(1).

Nababan, S. T., dan Putri, D. H. 2022. Analisis Kebutuhan E-LKPD Terhadap Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah. Vol. 6(1): 32-40.

Nisak, E. F. K., dan Susantini, E. 2023. Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. BioEdu. 12(3): 683-694.

Norrazifti, S., dan Dian, R. N. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati. 5(4): 148-156.

Putri, I. A., dan Widyanto, R., dan Mahmud, M. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2): 144-160.

Putri, S. R., dan Syafrani. 2022. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environtment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 8(2): 141-151.

Puspa, S. D., Riyono, J., dan Puspitasari, F. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia. Vol. 5(1): 302-320.

Rahmatika, D., Setiawati, M., Ekonomi, P., Mahaputra, U., dan Yamin, M. 2022. Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung. Journal Papeda. 4(2): 132–138.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., dan Siregar, N. A. N. 2020. Efektivitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. Vol. 6(1): 162-167.

Riduwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salsabila, Y. R., dan Muqowim. 2024. Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 4(3): 813-827.

Shafira, I. H. 2023. Penggunaan E-LKPD Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi. 9(1): 1-14.

Siregar, R. A. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Siswa MAN 2 Model Medan. Jurnal Penelitian Lanjutan Indonesia. 2(4): 237 - 252.

Sujianti, N. P. I. K., Widiartini, N. K.., dan Sudirtha, I. G. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Metodelogi Penelitian Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia. 12(2).

Zahroh, D. A., dan Yuliani. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu. 10(3): 605-706.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 452 , PDF Downloads: 17

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.