Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma

Authors

  • RIKA NUR ALIF Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p492-501

Keywords:

E-Book, Project Based Learning, Keterampilan berpikir kritis, Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Abstract

Pada abad ke-21 ini, pesatnya perkembangan pendidikan dan teknologi menuntut penguasaan keterampilan berpikir kritis. Namun, keterampilan berpikir kritis siswa SMA di Indonesia masih tergolong rendah dibuktikan dari hasil berbagai penelitian sebelumnya. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang mendorong keterlibatan aktif siswa terutama dalam proses berpikir kritis. Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan mengandung pemahaman kompleks biologi dan tergolong sulit dipahami siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Book berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi tersebut untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Data penelitian diperoleh melalui metode validasi, observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon, serta lembar pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas XII 10 SMAN 16 Surabaya. Hasil penelitian adalah E-Book yang telah dikembangkan mengintegrasikan model PjBL dalam eksperimen langsung dilengkapi fitur BioMedia Hub, BioCase Explorer, BioProject Builder, BioSelf Assess, dan BioCritical Quest untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Hasil validasi dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata 98,72% berdasarkan kelayakan penyajian, isi, dan bahasa. Hasil kepraktisan memperoleh persentase rata-rata 100% dan 98,34% berdasarkan berdasarkan lembar observasi aktivitas dan respon siswa yang terkategori sangat praktis. Hasil keefektifan berdasarkan hasil pre-test dan post-test memperoleh skor N-gain sebesar 0,76 yang terkategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Book berbasis PjBL yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk layak digunakan dalam pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Florea, Vol 6 (1): 45-53.

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. 2022. Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatihkan Kecerdasarn Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465-473.

Branchais, S., & Achmadi, H. R. 2019. Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), 508-511.

Campbell, N.A., Reece, J.B. dan Mitchell, L.G. 2021. BIOLOGY. New York: Pearson.

Citra, C. A., & Rosy, B. 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Dewey, J. 2024. My Pedagogic Creed. New York: Creative Media Partners, LLC.

Facione, P. (2013). Critical Thinking: What it is and Why It Count. Millbrae: Measured Reason and The California Press.

Faizah, U., Rustaman, N. Y., Ambarwati, R., & Rahayu, D. A. 2021. Persepsi Calon Guru Biologi Tentang Keterampilan Memecahkan Masalah Biodiversitas: Kajian Terkait Society 5.0. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 12-23.

Ibrahim, M. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Kementerian Pendidikan dan Budaya. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 69 Tahun 2008 “Buku”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (Online), (https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Nomor%2069%20Tahun%20%202008.pdf, diakses 16 Maret 2025).

Kementerian Pendidikan dan Budaya. 2024. Kepka BSKAP Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud. (Online), (https://guru.kemdikbud.go.id/dokumen/74r6Yln0zK, diakses 21 Mei 2025).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2019. Pentingnya 4C untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Kemendikbud. (Online), (https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4c-untuk-menghadapi-abad-21, diakses 4 Februari 2023).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sekolah Dasar. 2024. Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud. (Online), (https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka, diakses 5 Februari 2024).

Kementerian Pendidikan, Riset, Budaya dan Teknologi. 2020. Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning, (Online), (https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/, diakses 8 Februari 2023).

Kilpatrick, W. H. 2022. The Project Method. New York: Legare Street Press.

Kristiani, N., Hasanah., Hunaenah, N., Moroki, E.S.G., Kadariyah, N., & Ibayati, Y. 2018. Manajemen Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, D. G., & Irawati, H. 2020. Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Siswa pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.

Mahelingga, D. E. 2020. Webinar dan Akses E-Book di Masa Pandemi Covid-19. Balai Media dan Reproduksi LIPI.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. 2019. Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Dalam Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019: "Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0" (924). Universitas Majalengka.

Masruroh, I. U., & Raharjo, R. 2024. Pengembangan E-LLKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Sub Materi Zat Makanan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 370-382.

Norrazifti, S., & Dian, R. N. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4), 148-156.

Paiman. 2022. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Yogyakarta. UPY Press.

Pradina, L. E., & Yuliani, Y. 2020. Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 310-318.

Purmadi, A., Wibawa, R., & Muzakkir, F. F. 2020. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Video Menggunakan Sparkol Video Scribe bagi Guru Smk Daarul Qur’an. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(2), 84-87.

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162-167.

Rao, K.N., Kumar, S. and Tripathi, M. 2018. E-Book and Print Book Price and Desirability For University Libraries: A Comparative Study. The Electronic Library, Vol. 36 No. 1, pp. 82-102

Riduwan. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.

Sihafudin, A., & Trimulyono, G. 2020. Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 73–79.

Soimah, I. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44.

Stevenson, J.A., Bagley, W. C. 2016. The Project Method of Teaching. English: Leopold Classic Library.

Supriyatin, & Ichsan, I.Z. 2018. Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Biotek, Vol. 6 (2), hal : 13-24.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. 2020. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6 (1), 11-16.

Susilowati, S., & Ramli, M. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. In Seminar Nasional Pendidikan Sains (Vol. 21, No. 1, pp. 223-231).

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. 2019. Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 32-40.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325.

Waspada. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas XI Madrasahaliyah (MA) Al Nahdlah Islamic Boarding School Bojongsari Depok Jawa Barat. JTA: Jurnal Tunas Aswaja, 1, 9-12.

Widiastuti, L. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas XII MIPA SMAN 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 87-92.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 165 , PDF Downloads: 52

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.