Pengembangan NucleaBase Berbasis Google Site Sebagai Media Pembelajaran Asam Nukleat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p783-789Keywords:
Media Pembelajaran, NucleaBase, Google Site, Asam Nukleat, Berpikir kritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan tuntutan pemahaman konseptual yang mendalam pada pendidikan tinggi di bidang biologi, khususnya pada pembelajaran biokimia. Salah satu materi pada pembelajaran biokimia yang menuntut kemampuan berpikir kritis adalah asam nukleat. Kompleksitas molekuler pada materi ini membutuhkan visualisasi interaksi yang dinamis, yang dapat mendukung pemahaman konseptual mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran asam nukleat NucleaBase berbasis Google Site. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4D yang memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil dari pengembangan ini berupa media pembelajaran NucleaBase berbasis Google Site. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2025. Produk pengembangan diuji kelayakan oleh dua orang ahli dan diimplementasikan pada pembelajaran Biokimia sebagai suplemen materi asam nukleat kepada mahasiswa Pendidikan Biologi A UNJ angkatan 2024. Hasil uji kelayakan oleh ahli mendapatkan presentase sebesar 77,8% yang menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan dengan sedikit revisi. Implementasi media pada pembelajaran mendapatkan hasil uji efektifitas sebesar 0,012 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol.
Downloads
References
Adnan, A., Ahmad, M. K., & Yusof, A. A. (2021). Multimedia learning in biochemistry: A meta-analysis of effectiveness. Journal of Science Education and Technology, 30(4), 512–525. https://doi.org/10.1007/s10956-021-09901-8
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.
Anggraeni, D., & Rahayu, G. (2021). Google Sites as a biology learning medium: Enhancing student engagement and outcomes. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 143–154. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i2.16789
Damayanti, Welsi & Fuadin, Ahmad & Wijaya, Rama. (2023). Analisis Dan Redesain RPS Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan 6C Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik, 12, 251-264. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p251-264
Fadilah, N., Hakim, A., & Supriatno, B. (2023). Google Sites-based interactive modules: A solution for nucleic acid learning. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 45–58.
Fauziyah, N., Putro, S., & Sriyanto. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites dengan model mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi atmosfer. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 17(1), 26–35. https://doi.org/10.15294/jg.v17i1.45642
Fitriani, L., & Rahmawati, D. (2022). Web-based learning media to enhance students’ analytical skills in biomolecular concepts. Journal of Biological Education, 56(3), 322–330. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1940586
Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: A guide for non-statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486–489. https://doi.org/10.5812/ijem.3505
Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Paul, R., & Elder, L. (2008). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concepts and Tools. Foundation for Critical Thinking.
Putri, A. D., Suryani, N., & Sutopo, S. (2022). Development of Google Sites-based e-modules for nucleic acid material. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(1), 22–30.
Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33.
Sari, D. P., Widodo, A., & Prasetyo, Z. K. (2021). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran genetika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 56–66. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.20377
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Widodo, A., & Saputra, H. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(2), 155–167.
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). ASCD.
Abstract views: 323
,
PDF Downloads: 45











