Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 9 pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p356-364Abstract
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu hal yang dibutuhkan pada era pendidikan untuk efektivitas pembelajaran siswa. Keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan dalam menghadapi tantangan abad 21 dengan harapan dapat menghadapi persaingan dan tantangan dalam kehidupan. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui pempelajaran pada materi perubahan lingkungan karena memiliki permasalahan aktual dan membutuhkan gagasan pemecahan masalah yang konkret dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media berbasis iSpring Suite 9 untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi mengenai perubahan lingkungan kelas X SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) tanpa melakukan tahap dissaminate. Uji coba terbatas media iSpring Suite 9 dilaksanakan terhadap 20 siswa kelas X MIA 3 di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Instruman untuk pengumpulan data menggunakan lembar validasi, soal evaluasi, dan angket respon siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas media iSpring Suite 9 sebesar 95, 25% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan sebesar 95,83% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diukur dari indikator hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 86,46% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan media iSpring Suite 9 dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan sebagai media pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: iSpring Suite 9, perubahan lingkungan, keterampilan berpikir kritis