KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Setiawan Saputra
  • Sunu Kuntjoro

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu kompetensi yang harus dilatihkan pada peserta didik dalam menyelesaikan masalah aktual. Model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan memunculkan informasi dari pengalaman kehidupan sehari–hari dan masalah aktual yakni Problem Based Learning. Salah satu materi Biologi yang mengakomodasi kegiatan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan memunculkan permasalahan autentik adalah KD 3.11 dan 4.11 bab perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan hasil belajar dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap pengembangan LKPD dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Ujicoba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket respon peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis ketuntasan hasil belajar keterampilan berpikir kritis dan analisis angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5%, ketuntasan indikator pembelajaran 90,63%, ketercapaian keterampilan berpikir kritis 81,5% dan persentase hasil angket respons peserta didik sebesar 95,31%.

Kata Kunci: Lembar kegiatan peserta didik, problem based learning, perubahan lingkungan, keterampilan berpikir kritis.
Section
Articles
Abstract Views: 444
PDF Downloads: 506