Pengembangan Pengembangan E-Quiz Teka-Teki Silang untuk Melatih Keaktifan Belajar Peserta Didik Materi Ekosistem SMA

  • Nadya Salsabela Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peserta didik yang berpengetahuan dapat diwujudkan melalui proses belajar dalam suatu pendidikan. Namun, peserta didik yang mengalami kurangnya keterlibatan secara maksimal dalam pembelajaran dapat mengurangi makna dari pembelajaran yang aktif dan efektif sehingga diperlukan cara untuk melatih keaktifan belajar peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan e-quiz teka-teki silang karena peserta didik menyukai belajar dengan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-quiz teka-teki silang pada materi ekosistem yang valid dan praktis dengan kualitas butir soal yang baik. Parameter yang diukur adalah validitas dan kepraktisan e-quiz teka-teki silang serta kualitas butir soalnya. Indikator keaktifan belajar peserta didik, meliputi mendengar dan memperhatikan, membaca, menulis, bertanya, berdiskusi, mencari berbagai informasi, mempresentasikan, dan menilai kemampuan diri. Metode penelitian ini menerapkan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) tanpa Disseminate. Uji coba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas X MIPA 7 SMA Negeri 2 Ponorogo. Validitas e-quiz teka-teki silang didapatkan dari hasil validasi para ahli. Kepraktisan didapatkan dari angket respon peserta didik dan pengamatan keaktifan belajar observer. Analisis kualitas butir soal terdiri atas analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-quiz teka-teki silang yang dikembangkan mendapatkan presentase validitas sejumlah 88,3% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan e-quiz teka-teki silang memperoleh beberapa hasil di antaranya respon peserta didik memiliki presentase rata-rata 97,5% kriteria sangat praktis dan ketercapaian indikator keaktifan belajar memiliki presentase 94,1% kriteria sangat aktif. Butir soal yang dikembangkan memperoleh validitas sebesar 75% kriteria valid dan 25% kriteria tidak valid. Reliabilitas butir soal dengan nilai 0,88 kriteria sangat reliabel. Tingkat kesukaran butir soal sangat mudah sebesar 10%, mudah 30%, dan sedang 60%. Daya pembeda butir soal kriteria sangat baik sebesar 55%, baik 25%, dan cukup 20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka e-quiz teka-teki silang untuk melatih keaktifan belajar peserta didik materi ekosistem SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dengan butir soal baik.

Kata Kunci: e-quiz, teka-teki silang, keaktifan belajar, ekosistem

Published
2022-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 407
PDF Downloads: 387