Motivasi Berprestasi Mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v4i1.18913Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari lima mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin yaitu dua mahasiswa perempuan dan tiga mahasiswa laki-laki. Pengambilan subjek penelitian mengguanakan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan analisis tematik.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga tema yaitu gambaran motivasi berprestasi mahasiswa, faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, dan strategi dalam mengatasi hambatan motivasi berprestasi. Gambaran Motivasi berprestasi meliputi keinginan untuk mengubah nasib, harapan untuk sukses, harapan untuk melanjutkan pendidikan, dan menjadi anggota organisasi sekolah atau masyarakat. Dukungan dari orang tua untuk melanjutkan sekolah dan pola pikir masyarakat Desa Pulau Mandangin menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Strategi dalam menghadapi faktor yang mempengaruhi yaitu melakukan sosialisasi, testimoni kepada warga Pulau Mandangin dan melakukan kerjasama antar mahasiswa dan perangkat desa Pulau Mandangin.
Kata kunci: Motivasi berprestasi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

