Motivasi Berprestasi Mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin

  • Jalu Nayantaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari lima mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin yaitu dua mahasiswa perempuan dan tiga mahasiswa laki-laki. Pengambilan subjek penelitian mengguanakan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan analisis tematik.

Hasil penelitian ini menunjukkan tiga tema yaitu gambaran motivasi berprestasi mahasiswa, faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, dan strategi dalam mengatasi hambatan motivasi berprestasi. Gambaran Motivasi berprestasi meliputi keinginan untuk mengubah nasib, harapan untuk sukses, harapan untuk melanjutkan pendidikan, dan menjadi anggota organisasi sekolah atau masyarakat. Dukungan dari orang tua untuk melanjutkan sekolah dan pola pikir masyarakat Desa Pulau Mandangin menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Strategi dalam menghadapi faktor yang mempengaruhi yaitu melakukan sosialisasi, testimoni kepada warga Pulau Mandangin dan melakukan kerjasama antar mahasiswa dan perangkat desa Pulau Mandangin.

Kata kunci: Motivasi berprestasi

Published
2017-04-28
How to Cite
Nayantaka, J. (2017). Motivasi Berprestasi Mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/18913
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 703