PERBEDAAN KEMATANGAN KARIR DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN GENDER PADA SISWA KELAS X DI SMA PGRI 1 KOTA MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir ditinjau dari konsep diri dan gender pada siswa kelas X di SMA PGRI 1 Kota Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif komparasi dengan teknik analisa Anova dua jalur. Jumlah subjek penelitian adalah 90 siswa yang diantaranya 57 perempuan dan 33 laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk menguji dalam penelitian ini adalah skala psikologi yaitu skala kematangan karir dan skala konsep diri. Uji hipotesis menunjukkan bahwa berarti terdapat perbedaan kematangan karir ditinjau dari konsep diri dan gender pada siswa kelas X di SMA PGRI 1 Kota Mojokerto dengan nilai signifikansi sebesar 0.004 (0.004<0.05). Hasil berikutnya juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kematangan karir ditinjau dari konsep diri siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 (0.001<0.05). Namun hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kematangan karir ditinjau dari gender siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0.438 (0.438>0.05).
Kata Kunci: kematangan karir, konsep diri, gender.
PDF Downloads: 140