SIBLING RIVALRY PADA ANAK ASD (AUTISTIC SPECTRUM DISORDER) DAN SAUDARA KANDUNGNYA (Studi Kasus di Sekolah At –Taqwa Surabaya)

  • FIFI NURMANINGTYAS

Abstract

Abstract: Purpose of this research is to have description about sibling rivalry on children with ASD and their siblings. Therefore this research used qualitative method with interview and direct observation on interaction between children with ASD and their siblings. This research use two pairs of ASD children and their sibling. All of them are early childhood children. Result of this research is sibling rivalry on ASD children and their siblings seen in jealousy and competition. Manifestation on jealousy and competition are different on every child. Parents take part on influencing child’s jealousy. Sibling rivalry is also influenced by autis symptoms. Positive impacts on sibling rivalry are reported only on sibling of children with ASD and sibling conflict as negative impacts of sibling rivalry is reported on sides, ASD children and their siblings. Suggestion for further research is to examine sibling conflict among children with ASD and their siblings and have a private interview with children with ASD and their siblings.

Key words: sibling rivalry, sibling relationship ASD, siblings, jealousy, competition

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran sibling rivalry pada anak ASD dan saudara kandungnya. Penelitian ini dilakukan pada dua keluarga dengan dua pasang kakak-adik di dalamnya. Rentang usia anak-anak yang diteliti adalah usia kanak-kanak awal. Peneltian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi langsung sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini didapat bahwa gambaran sibling rivalry pada anak ASD dan saudara kandungnya terlihat dari kecemburuan dan kompetisi dalam keluarga. Bentuk kecemburuan dan kompetisi yang terjadi beragam dan sesuai dengan karakteristik anak. Peran orang tua sangat besar dalam menimbulkan kecemburuan tersebut. Karakteristik anak autis mempengaruhi sibling rivalry yang dialami anak, baik yang dialami oleh anak ASD maupun saudara kandungnya. Dampak positif sibling rivalry hanya dirasakan oleh saudara kandung anak ASD sedangkan dampak negatif sibling rivalry terjadi pada kedua anak, yaitu konflik pada kakak dan adik. Penelitian selanjutnya disarankan utuk meneliti konflik pada anak ASD dan saudara kandungnya serta melakukan wawancara pribadi dengan anak, terutama anak ASD.

Kata kunci : sibling rivalry, sibling relationship ASD, saudara kandung, kecemburuan, kompetisi.

Published
2013-02-04
How to Cite
NURMANINGTYAS, F. (2013). SIBLING RIVALRY PADA ANAK ASD (AUTISTIC SPECTRUM DISORDER) DAN SAUDARA KANDUNGNYA (Studi Kasus di Sekolah At –Taqwa Surabaya). Character Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1918
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 561