HUBUNGAN KESIAPAN KERJA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMK PGRI 1 KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v4i3.21444Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesiapan kerja dengan motivasi berprestasi siswa SMK. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK PGRI 1 Surabaya yang diambil sebanyak 159 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik desikriptif kuantitatif dan asosiatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner (angket) yang dikeluarkan langsung pada siswa yang berisi pernyataan-pernyataan mengenai kesiapan kerja dan motivasi berprestasi. Hasil dalam penelitian ini adalah tingkat kesiapan kerja siswa dapat dikategorikan Tinggi yaitu sebesar 75,0%. Tingkat motivasi berprestasi siswa dapat dikategorikan Tinggi yaitu sebesar 73,80%. Hasil perhitungan korelasi sederhana (R) = 0,544 artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel kesiapan kerja dengan variabel motivasi berprestasi. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,296, menunjukan bahwa sebesar 29,6% perubahan variabel motivasi berprestasi dipengaruhi oleh variabel kesiapan kerja. Hasil uji signifikansi (keberartian) menunjukan nilai F hitung = 66,012 > F tabel = 3,91 Sehingga dapat disimpulkan bahwa , ada hubungan positif yang cukup kuat dan signifikan antara kesiapan kerja dengan motivasi berprestasi siswa kelas 3 SMK PGRI 1 Surabaya.
Kata Kunci: Kesiapan, Kerja, Motivasi, Prestasi, Siswa SMK.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 39
,
PDF Downloads: 239