PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA SEKOLAH DENGAN ANAK JALANAN PADA USIA REMAJA AWAL DI WILAYAH SURABAYA TIMUR

  • DWI TJAHYO ARIFIANTONO

Abstract

 

 Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan tingkat kepercayaan diri dan interaksi sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 19 Surabaya untuk siswa sekolah dan anak jalanan yang berada di Lingkungan Pondok Sosial Anak Wonorejo yang memasuki kategori usia remaja awal dan total sampel sebanyak 50 anak. Sampel untuk subjek siswa sekolah diperoleh melalui simple random sampling. Sampel untuk subjek anak jalanan diperoleh melalui sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat kepercayaan diri dan interaksi sosial. Analisis statistik menggunakan analisis chi square. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa sekolah dengan kepercayan diri anak jalanan. Pada variabel penelitian interaksi sosial dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial yang dimiliki oleh siswa sekolah dengan interaksi sosial anak jalanan 

Kata Kunci: tingkat kepercayaan diri, interaksi sosial, siswa sekolah, anak jalanan 

Abstract 

This research is aims to determine the different level of confidence and social interaction between students and children street for early adolescence age in east Surabaya area. The research conducted by quantitative research approach with comparative design. The population in this research is students in 19 junior high school of Surabaya for students subject and for children street the population is children in Lingkungan Pondok Sosial Wonorejo who is early adolescence, and the total sample are 50 adolescence. Sampel collected by simple random sampling for student subject and saturated sampling for children street subject. Data collected by a questionnaire method for measuring the level of confidence and social interaction. Analysis statistic by chi square analysis. Based on the results of this research that from the 50 people surveyed, there are different for level of confidence between students and children street. For social interaction variable there are not different between students dan children street 

Keywords: level confdence, social interaction, students, children street 

Published
2013-05-27
How to Cite
TJAHYO ARIFIANTONO, D. (2013). PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA SEKOLAH DENGAN ANAK JALANAN PADA USIA REMAJA AWAL DI WILAYAH SURABAYA TIMUR. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/2715
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 286