Hubungan antara Coping Stress dengan Kesulitan Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v6i3.29214Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dengan kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa siswa SMP X Kota Mojokerto berjumlah 121 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala coping stress dan skala kesulitan belajar matematika. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar r = 0,677 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel coping stress dengan kesulitan belajar matematika dimana hubungan antar variabel adalah positif dalam artian semakin tinggi tingkat coping stress siswa siswi maka akan semakin tinggi pula tingkat kesulitan belajar matematika yang dimiliki siswa siswi SMP X Kota Mojokerto.
Kata Kunci : Coping Stress, Kesulitan Belajar Matematika, dan Siswa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

