Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pembelian Produk Online Shop Pada Mahasiswi Angkatan 2016 Fip Universitas Negeri Surabaya

  • ARGO SETIAWAN

Abstract

Internet adalah salah satu teknologi yang terus berkembang setiap saat. Kegiatan online shop dapat dilakukan dimana saja dikarenakan adanya kemudahan berintekasi antara pedagang dan pembeli. Mahasiwi yang baru masuk ke dalam lingkungan kampus cenderung melakukan konformitas untuk beradaptasi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mengetahui hubungan yang terdapat antar variabel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pertanyaan tertutup. Metode menghitung data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skor total. Validitas dari data yang diambil dihitung dengan corrected item-total correlation, sedangkan untuk reliabilitasnya menggunakan koefisien Alpha Conbrach. Untuk uji korelasi yang digunakan menggunakan uji Kearl Pearson. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2016 sebanyak 100 mahasiswi yang tersebar di beberapa jurusan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan score 0.728 yang artinya terdapat korelasi yang kuat antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam aktifitas melakukan belanja online shop

Kata Kunci: konformitas, konsumtif, online shop.

Published
2019-07-26
How to Cite
SETIAWAN, A. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pembelian Produk Online Shop Pada Mahasiswi Angkatan 2016 Fip Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 6(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/29687
Section
Articles
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 1712