HUBUNGAN ANTARA GOAL SETTING DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA GURU SMA “X” LAMONGAN

  • Agil Fitrah Febrianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Guru merupakan agen pembelajaran. Hal ini tidak terlepas bahwa guru memiliki banyak peran dalam melakukan pekerjaan. Sebagai agen pembelajaran guru memiliki peran sebagai fasilitator, motivator pemacu, maupun pemberi. Selain itu tugas dari seorang guru adalah menciptakan kualitas mutu pendidikan yang merupakan suatu hal serta tanggungjawab yang wajib direalisasikan dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Tanggung jawab tersebut harus ditunaikan semakin pesatnya perkembangan era globalisasi disertai dengan mulai banyaknya perkembangan dari negara lain, mencakup teknologi, ekonomi, maupun sumber daya manusianya. Berdasarkan hal tersebut, seorang guru harus mampu mendidik murid dengan baik.Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan koesioner dengan skala Likert. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai hubungan antara goal setting dengan work engagement guru SMA “X” Lamongan, Jawa Timur. Penelitian ini melibatkan 30 orang guru SMA ‘X”  Lamongan, Jawa Timur. Skala yang dibuat disusun berdasarkan teori masing-masing variabel dan dianalisis dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan adanya goal setting memiliki hubungan yang sedang dengan work engagement pada guru di SMA “X” Lamongan. Goal Setting bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi work engagement pada guru. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi work engagement, penelitian ini hanya mengungkap salah satu faktor yaitu goal setting.

Kata Kunci : Goal setting, work engagement, guru                                      

 

Abstract

Teacher is one of the learning agent. It is inseparable that teachers have many roles in their job. As a learning agent, tteacher has a role as a facilitator, motivator, and inspirer. In addition, teacher have to create great education quality which is a matter and responsibility that must be realized in the world of education, especially in Indonesia. This responsibility must be fulfilled the increasingly rapid development of the globalization era accompanied by the many developments from other countries, including technology, economy, and human resources. Based on this, a teacher must be able to educate students well. This research used a quantitative method. Instruments used in this study are questionnaire with a Likert scale. This research aims to find out  the relationship between goal setting and work engagement of high school teachers "X" in Lamongan, East Java. This study involved 30 teachers of SMA "X" in Lamongan, East Java. The scale made based on the theory of each variable and analyzed using the help of IBM SPSS 22 for windows software. The results of this study indicate that the goal setting has a moderate relationship with the work engagement of teachers at SMA "X" in Lamongan. Goal setting is not the only factor that can affect teacher work engagement. Based on this explanation, it can be seen that there are many factors that affect work engagement. This study only reveals one factor, which is goal setting.

Keyword: Goal setting, work engagement, teacher

Published
2021-01-18
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 263