HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PARTISIPASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA ORANG TUA SISWA SDN DERMO II BANGIL KABUPATEN PASURUAN

  • Amalia Fitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi partisipasi dengan motivasi belajar anak pada orang tua siswa SDN Dermo II Bangil Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif korelasi. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi di lingkup SDN Dermo II Bangil, dengan total 95 subjek. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran skala melalui WhatsaApp Mobile. Hasil uji hipotesis menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan dengan kekuatan yang kuat antar kedua variabel dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0.810. Nilai koefisien korelasi tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara kedua variabel yang diteliti, dimana apabila terdapat peningkatan skor pada variabel partisipasi orang tua, maka akan ada peningkatan skor pula terhadap variabel persepsi motivasi belajar anak pada orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar anak pada orang tua siswa SDN Dermo II Bangil Kabupaten Pasuruan. Orang tua yang memberikan partisipasi secara optimal, maka akan mempengaruhi motivasi belajar anak pada orang tua siswa.

KataKunci:Partisipasi Orang Tua,Persepsi Orang Tua, Motivasi Belajar.

 

Abstract

The purpose of this study is to examine the correlation of parents' participation with parents' perception of student's academic motivation. This quantitative correlational research aims to examine the relationship of parents' participation and parents' perception of student's academic motivation. The population of this quantitative research is the parents of students from SDN Dermo II Bangil, Pasuruan, with total respondents of 95 parents.Questionnaire was sent to respondents via WhatsApp Mobile. Pearson Product Moment test shows a strong correlation of the variables used in this study with significance level of 0.000 (p < 0.05) and correlation score of r = 0.810. The correlation score indicates a positive correlation, in which if there is an increased score found in parents' participation, a higher score of parents' perception about student's academic motivation will be present.This research shows that there is a positive correlation between parents' participation and parents' perception of student's academic motivation. If parents provide optimal participation, then it will correlate with their perception of student's academic motivation.

Keywords: Parents'Participation, Parents' Perception, Academic Motivation.

Published
2021-06-11
How to Cite
Fitri, A. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PARTISIPASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA ORANG TUA SISWA SDN DERMO II BANGIL KABUPATEN PASURUAN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 30-44. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40841
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 91