PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MELATI SCHOOL KETINTANG TENGAH-SURABAYA

  • AYUDA JATI PUTRI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang perkembangan sosial pada anak usia dini di taman penitipan anak, yang meliputi bagaimana penyesuaian sosial, interaksi sosial, dan bentuk perilaku sosial yang dimunculkan oleh anak usia dini ketika bersosialisasi dengan teman sebaya dan lingkungannya.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologis. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpul data. Responden terdiri dari tujuh orang dengan usia 3-5 tahun yang dipilih sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik Hasil temuan data yang didapatkan, ada berbagai macam perilaku sosialisasi yang mencakup penyesuaian sosial, interaksi sosial, dan bentuk perilaku sosial anak usia dini di taman penitipan anak. Perilaku yang muncul adalah merasa nyaman di tempat penitipan anak, dapat menyesuaikan dengan lingkungan, dapat menyesuaikan dengan pengasuh, dapat menyesuaikan dengan teman di tempat penitipan anak, dan merasa nyaman dengan kehadiran orang lain, selain itu karena anak-anak dapat bermain dengan banyak pilihan permainan seperti puzzle, lego, buku cerita, boneka jari, di TPA tersebut, bermain dengan beberapa teman seusianya, dan mendapatkan perhatian serta pengasuhan yang belum didapatkan dari orangtuanya ketika di rumah.      

Kata kunci : Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini, TPA Melati School

ABSTRACT

This research was vimed to describe the social development of early children  in daycare. The research concerns at the children’s social adaptation, social interaction, and social behavior which appear when they socialize with their friends in the social environment.This research was a qualitative research with the fenomenological method. Interviews, observation, and documentation methods were used to collect data. The respondents are seven children whose ages range from 3 to 5 years chosen, in accordance with the research criteria. The data analysis technique which was applied in this research is thematic analysis. The finding of the research is there are many kinds of social behavior which include the social adaptation, social interaction, and social behavior appears from the children in the daycare, fisical environment, and social environment with the caregivers, the ability to adapt with friends. The other than that because childrens can play with a selection of educatives games such as puzzle, toy bricks, story book, finger doll, in the daycare, play with a few friends of his age and getting attention and care that have not been obtained from his parents when they are at home.

            Keywords: Social Development, Children, Daycare Melati School.

 
Published
2014-02-12
How to Cite
JATI PUTRI, A. (2014). PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MELATI SCHOOL KETINTANG TENGAH-SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/7175
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 298