GAYA BAHASA WAHLPLAKAT 2013 DI JERMAN

  • TESALONIKA HAPSARI WAHYU PANGASTUTI
  • AGUS RIDWAN

Abstract

Gaya bahasa memiliki peran yang penting dalam komunikasi, baik secara tulis maupun lisan. Dalam menyampaikan pesan, penutur memiliki gaya bahasanya masing-masing sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Salah satu contoh gaya bahasa yang seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari berupa tulisan adalah plakat. Teks-teks pada plakat yang dijumpai seringkali memiliki susunan kalimat yang tidak lengkap, sehingga menimbulkan berbagai persepsi oleh pembaca. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji gaya bahasa dalam plakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana gaya bahasa yang terdapat pada Wahlplakat 2013 di Jerman berdasar pada stilistika sintaksis. Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada Wahlplakat 2013 di Jerman berdasar pada stilistika sintaksis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat. Sumber data penelitian ini diperoleh dari plakat pemilu di Jerman yang diunduh dari situs www.bpb.detahun 2013. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter. Berdasarkan penggunaan teori gaya bahasa dengan stilistika sintaksis dapat disimpulkan bahwa terdapat kalimat yang memuat gaya bahasa dengan jenis kalimat elipsis, deklaratif, seruan dan pertanyaan, terdapat pola urutan kata Verbzweitsätze dan Verbletzsätze, terdapat diatesis aktif dan pasif, serta memiliki konstruksi kalimat reduksi.
Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 99