Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Tipe Beach Ball untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Materi Kalor  SMAN 1 Driyorejo Gresik

  • KARTIKA FEBY TRISNA

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA mengalami miskonsepsi materi fisika pokok bahasan kalor, misalnya siswa mengalami miskonsepsi tentang fenomena melepas kalor dan perubahan wujud zat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan mendeskripsikan penurunan miskonsepsi siswa pada materi kalor dengan model diskusi kelas tipe beach ball. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pre-exsperimen design, dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan melalui pemberian soal pre-test dan post-tes dengan menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Dari hasil penelitian didapatkan keterlaksanaan model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball untuk penurunan tingkat miskonsepsi siswa pada kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, terlaksana dalam kategori sangat baik. Rata-rata penurunan tingkat miskonsepsi siswa pada kelas XI IPA 1 sebesar 19,85 %, XI IPA 2 sebesar 23,03 %, XI IPA 3 sebesar 20,58 %.

Kata Kunci: Model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball, Miskonsepsi, Three-Tier Diagnostic Test , Kalor.

 

Abstract

The preliminary study showed that the students in second grade of highschool had such misconception on the heat subject in physics. For instance, students had misconception about the phenomenon of heat loose and the substance changes. Thus, this research aimed to know the learning process and describe the decreasing in misconception through the application of discussion model with beach-ball type. The kind of research is descriptive quantitative with pre-experimental design approach. The subject of this research are the second grade of senior high school students. Data had been collected through pretest and posttest included three-tier diagnostic test. The result shows that the learning process of the three class had been conducted very well. Then, the level of misconception decrease of these students attain 19.85% for XI IPA1, 23.03% for XI IPA 2, and 20.58% for XI IPA3.

Keywords: Discussion type beach-ball, misconception, three-tier diagnostic test, heat

Published
2017-07-13
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 33