Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA

Authors

  • WIWID EVA SETIAWATI
  • BUDI JATMIKO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajan inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan desain penelitian post-test Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan X MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran model inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran secara konvensional. Data yang diperoleh adalah hasil pre-test yang digunakan untuk menganalisis uji normalitas, uji homogenitas, serta post-test yang digunakan untuk menganalisis uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep meningkat secara signifikan sebesar 21,82% setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori sangat baik. Respon siswa baik terhadap pembelajaran yang diterapkan.

Kata kunci: pembelajaran inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, momentum dan impuls




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-07-2018

How to Cite

EVA SETIAWATI, W., & JATMIKO, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24235

Issue

Section

Articles
Abstract views: 275 , PDF Downloads: 744

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>