Respon Peserta Didik SMA Terhadap Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)
Abstract
Abstrak
Dewasa ini, pendidikan di tingkat SMA menggunakan Kurikulum 2013 revisi (K-13 Revisi) dimana proses pembelajarannya dilaksanakan dengan berbasis aktivitas. Pembelajaran fisika pun dilaksanakan dengan berbasis aktivitas yang melibatkan peserta didik (Kemendikbud, 2017). Akan tetapi, hal tersebut belum terjadi di SMAN 1 Krembung. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain pre-test and post-test design menggunakan 3 kelas eksperimen yaitu XI MIPA 5, XI MIPA 6, dan XI MIPA 7. Instrumen yang digunakan angket respon peserta didik. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis angket respon. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa respon peserta didik dari ketiga kelas terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL berada pada >80% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Respon Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Pendekatan CTL
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

