Respon Peserta Didik SMA Terhadap Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)

  • SHINTA SULISTYO YULIA PUTRI
  • BUDI JATMIKO

Abstract

Abstrak

Dewasa ini, pendidikan di tingkat SMA menggunakan Kurikulum 2013 revisi (K-13 Revisi) dimana proses pembelajarannya dilaksanakan dengan berbasis aktivitas. Pembelajaran fisika pun dilaksanakan dengan berbasis aktivitas yang melibatkan peserta didik (Kemendikbud, 2017). Akan tetapi, hal tersebut belum terjadi di SMAN 1 Krembung. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain pre-test and post-test design menggunakan 3 kelas eksperimen yaitu XI MIPA 5, XI MIPA 6, dan XI MIPA 7. Instrumen yang digunakan angket respon peserta didik. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis angket respon. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa respon peserta didik dari ketiga kelas terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL berada pada >80% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Respon Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Pendekatan CTL

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 41