PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

  • DEVIA ARDININGTYAS
  • BUDI JATMIKO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil peningkatan literasi sains, model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan literasi sains, keterlaksanaan pembelajaran, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran berdasarkan masalah, dan konvensional. Jenis penelitian ini true-experimental dan desain controligroupipre-testiand post-test, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 108 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan literasi sains siswa kelas eksperimenj1, kelas eksperimenj2, dan kelas kontrol, setiap kelas dapatjmeningkatkan kemampuan literasijsains siswajsecara signifikan pada α = 5% dengan n-gain berturut-turut sebesar 0,51; 0,60; dan 0,29. Modeljpembelajaran inkuiri terbimbing dan modeljpembelajaran berdasarkan masalahjefektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, sedangkan konvensional tidak efektif. Tetapi model pembelajaran berdasarkan masalah lebih efektif daripada inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen 1, kelas eksperimenj2,jdan kelasjkontrol memberikan hasil berada pada kategori sangat baik. Siswa memberikanjrespon positifjterhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berdasarkan masalah, tetapi siswa memberikan respon yang negatif terhadap penerapan pembelajaran konvensional.

Kataikunci: literasi sains, inkuiri terbimbing, pembelajaran berdasarkan masalah.

Abstract

This research aims to describe the results of increasing science literacy, more effective learning models to improve science literacy, the implementation of learning, and student responses due to implementationjofjguidedjinquiry,jproblemjbased learning, and conventional. The research uses true-experimental andjcontrol group pre-testjandjpost-testjdesign, apply to 108 students. This result show that there are differences in the increase in science literacy of students in the experimentaljclassj1, experimentaljclassj2jandjcontroljclass, each class can significantly increase science literacy skills at α = 5%, with n-gain in a row of 0,51; 0,60; and 0,29. Guided inquiry and problem based learning are effective tojimprove students science literacy skills, while the conventional is ineffective. But, problem based learning are more effective thanjguidedjinquiry tojimprovingjstudentsjscience literacyjskills. The implementation ofjlearning in the experimental class 1, experimental class 2, and control class gave results that with a very good category. Students respond positively to the application ofjguidedjinquiryjand problem basedmlearning, butmstudentsmrespond negatively to the application of conventional learning.

Keywords: science literacy, guided inquiry,jproblemjbasedjlearning.
Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 50