PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDANGAN

Authors

  • Risa Umami
  • Budi Jatmiko

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Gedangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Non-equivalent Control Group Design yang termasuk ke dalam kelompok desain quasi eksperimental dan bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan rencana pembelajaran, aktivitas, keterampilan berpikir kritis, respon siswa serta kendala yang dihadapi saat menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SETS pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gedangan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SETS dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri tanpa pendekatan SETS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan rencana pembelajaran di kelas eksperimen 1 mendapatkan persentase sebesar 85,1% dengan kategori sangat baik dan di kelas eksperimen 2 sebesar 80,8% dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa di kelas eksperimen 1 sebesar 81,12% dengan kategori sangat baik sedangkan di kelas eksperimen 2 sebesar 75,18% dengan kategori baik. Selain itu berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan dengan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen 2 dengan nilai thitung sebesar 3,92. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan fluida statis di SMAN 1 Gedangan telah tercapai dan mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 85,70%. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SETS dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, pendekatan SETS, fluida statis, keterampilan berpikir kritis Abstract Has been done research about implementation of inquiry learning model with Science, Environment, Technology and Society (SETS) approach on the subject of static fluid to improve critical thinking skills of students of class XI of SMAN 1 Gedangan. This research is quantitative research design with non-equivalent control group design were included in the group of quasi-experimental design and aims to describe the implementation of lesson plans, activities, critical thinking skills, students' respones and the constraints faced when implementing inquiry learning model with SETS approach on the subject of static fluid. The research was conducted in SMA Negeri 1 Gedangan in the second semester of academic year 2012/2013. The subjects were students of class XI IPA 1 as the experimental class 1 that implement inquiry learning model with SETS approach and class XI IPA 5 as the experimental class 2 that implement inquiry learning model without SETS approach. The results showed that the implementation of the lesson plans in the experimental class 1 gets a percentage of 85.1% with very good categories and in the experimental class 2 was 80.8% with a very good category. The percentage of student activity in the experimental class 1 was 81.12% with a very good category, while in the experimental class 2 was 75.18% with a good category. Also based on the analysis of the cognitive aspects of students using t-test two parties and one party t-test showed that the critical thinking skills of students in the experimental class 1 was better than the critical thinking skills of students in the experimental class 2 with a value of tcount was 3.92. This shows that the application of inquiry learning model with SETS approach to improve students critical thinking skills on the subject of static fluid in SMAN 1 Gedangan have achieved and get a positive respone from the students was 85.70%. Thus it can be concluded that the inquiry learning model with SETS approach can be applied in teaching of physics to improve students critical thinking skills. Keywords: Inquiry learning model, SETS approach, fluid static, critical thinking skills

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-01
Abstract views: 82 , PDF Downloads: 95