PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

  • DYAH AYU MAHARANI
  • ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium PhET pada materi teori kinetik gas di kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design dan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas eksperimen dan replikasi dengan jumlah masing – masing 23 dan 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah validasi, observasi, tes dan angket. Dari penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimentermasuk dalam kriteria sangat baik pada kelas replikasi juga termasuk dalam kriteria sangat baik, kemudian hasil belajar siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dan pada kelas replikasi juga termasuk kategori tinggi, dan respon siswa pada kelas eksperimen dan replikasi termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium PhET pada materi teori kinetik gas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : inkuiri terbimbing¸ PhET, teori kinetik gas, hasil belajar

Abstract

This study aim to describe the practicability of the strategy, to describe the student learning achievement, and to describe the student’s responses by using guided inquiry learning models based on PhET laboratory on kinetic theory of gaas materials grade XI in Senior High School 1 Driyorejo. The conducted research is a quantitative descriptive research with a pre-experimental design and by using one group pre-test – post-test experimental design. Subjects of research are students in eksperiment class and replication class which consist of 23 and 26 students. The method used in this research is validation, observation, test , and questionnaire. The result is practicability of the strategy in experiment class and replication class which is really good in category. Then the n-gain score of student learning achievement in experiment class and replication class which is really high in category, and the student response questionarries in experiment class and replication class which categorized as really good. Thus, this research concluded that the implementation of inquiry learning model based on PhET virtual laboratory in the kinetic theory of gas has been sucsessfully implemented with a really good result.

Keywords : Guided inquiry, PhET, kinetic theory of gas, learning achievement
Published
2018-12-10
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 72