PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM EFEK FOTO LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan alat praktikum efek fotolistrik. Kelayakan alat praktikum efek fotolistrik dapat dinyatakan layak dapat dinilai dari nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifitas alat praktikum efek fotolistrik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil uji coba terbatas alat praktikum efek fotolistrik ini dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA Raden Rahmat Balong Bendo. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai validitas alat praktikum efek fotolistrik beserta LKPD pada materi efek fotolistrik mendapatkan nilai validitas yaitu 85,8% dan 78,5% yang termasuk dalam kategori baik. Kepraktisan alat praktikum efek fotolistrik dinilai melalui nilai keterlaksanaan pembelajaran yaitu dengan nilai 3,71 yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan nilai angket respon peserta didik yaitu 79,8% yang termasuk dalam kategori baik. Efektifitas alat praktikum efek fotolistrik pada materi efek fotolistrik baik ditinjau dari hasil peningkatan keterampilan proses sains peserta didik mencapai skor rata-rata 0,66 dengan kategori sedang dan peningkatan keterampilan proses sains tersebut meningkat dengan kategori peningkatan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat praktikum efek fotolistrik layak untuk dipakai dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XII.
Kata kunci : Keterampilan proses sains, dan efek fotolistrik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

