PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

  • SEPTI MURNI KHASANAH
  • ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan LKPD yang dikembangkan layak digunakan dilihat dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek validitas LKPD menunjukkan telah memenuhi kategori valid dengan rata-rata persentase sebesar 85%. Aspek kepraktisan LKPD menunjukkan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92% dan aktivitas peserta didik sebesar 94% dengan kategori terlaksana sangat baik. Aspek keefektifan LKPD yang dikembangkan menunjukkan telah memenuhi kriteria efektif dengan persentase respon peserta didik sebesar 93% dalam kategori sangat baik. Sedangkan ditinjau dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis, LKPD yang dikembangkan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan ditunjukkan dari nilai rata-rata n-gain sebesar 0,57 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD yang dikembangkan layak dipergunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik.

Kata kunci: LKPD, berpikir kritis, Usaha dan Energi.

Abstract

This study aims to produce a Student Worksheet (LKPD) based on a scientific approach to facilitate critical thinking skills on topic the work and energy. The development model used in this study is ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Based on the results of the research obtained it shows that the LKPD developed is feasible to use in terms of aspects of validity, practicality, and effectiveness. The validity aspect of the LKPD shows that it meets the valid category with an average percentage of 85%. The practical aspects of the LKPD show that they have met the practical criteria with the percentage of learning feasibility amounting to 92% and the activities of students at 94% with the category implemented very well. The effectiveness aspects of the developed LKPD show that they have met the effective criteria with the percentage of students responses being 93% in the excellent category. While in terms of the achievement of critical thinking skills, the developed LKPD can facilitate critical thinking skills by showing the average value of n-gain of 0.57 which is in the medium category. Based on the results of the study, the developed LKPD is suitable to be used to facilitate critical thinking skills in students.

Keywords: student worksheet, critical thinking, work and energy.
Published
2019-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 112